Unik, Informatif , Inspiratif

Perlu Diingat, Ini Perbuatan yang Dilarang Dilakukan di Masjid (2-Habis)

0

5. Membawa atau Memakai Bau-bauan yang Tidak Sedap
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

“Barangsiapa makan bawang putih dan bawang merah, janganlah mendekati masjid kami karena para malaikat terganggu dengan bau-bauan yang tidak disukai manusia” (H.R. Muslim). Tidak di perkenankan masuk masjid dengan membawa bau yang tidak enak; bau bawang, petau, jengkol, merekok.

BACA JUGA: Pertama Kali ke Masjid, Ini Kesan Lee Jeong Hoon

6. Bernyanyi
“Rasulullah melarang menyanyikan syair di masjid.” (H.R. Tirmidzi). Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melarang menyanyikan lagu karena syairnya mengandung maksiat. Kaum jahiliah sering menyampaikan syair-syair yang mengandung dosa, misalnya syair tentang percintaan, minuman keras, ataupun judi. Karena itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melarangnya.

“Suatu ketika, Umar bin Khattab r.a lewat depan Hasan yang sedang melantunkan syair di masjid, lalu Umar menatapnya dengan tatapan murka. Ketika Hasan mengetahui Umar berbuat seperti itu, Hasan berkata, ‘Aku pernah melakukan ini di depan Rasul, tetapi beliau tidak menegurku.” (H.R. Muttafaq’alaih).

Dijelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membiarkan Hasan melantunkan syair karena syair yang dinyanyikan Hasan bukanlah syair yang mengandung dosa, melainkan syair-syair religi yang bertujuan menggugah jiwa manusia agar hidup dan dinamis.

7. Bermegah-megahan dalam Membangun Masjid
“Tidak akan terjadi kiamat sehingga orang-orang bermegah-megahan dengan masjid” (H.R. al-Khamsah).

BACA JUGA: Ketua DMI: Jumlah Masjid Naik Luar Biasa

Membangun masjid megah demi sebuah prestise dan keangkuhan, sangan terlarang. membangun masjid dengan megah, penuh aksesoris yang berkelas dengan niat supaya nyaman dalam beribadah dan supaya terlihat indah, tentu tidak dilarang. []

SUMBER: HIJAZ.ID


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline