Unik, Informatif , Inspiratif

Perlukah Membandingkan Diri dengan Orang Lain?

0

Dunia adalah tempat kompetisi. Untuk berkompetisi dan mendapatkan terbaik, manusia yang hidup di dunia harus terus berkembang, salah satu caranya adalah membandingkan diri dengan sesamanya.

BACA JUGA: 3 Sifat Sombong Dalam Diri Manusia

Meski terlalu provokatif, apakah perilaku membandingkan diri dengan orang lain itu perlu? Berikut tinjauannya:

1. Sama dengan merendahkan diri sendiri

Nyatanya memang begitu, ketika kita terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain, walaupun tidak selalu negatif, justru -secara tidak sadar- akan merendahkan diri sendiri juga. Terlalu meratapi orang lain.

2. Malah diam di tempat

Ketika diri ini membandingkan pencapaian terhadap orang lain, tentunya tidak ada yang namanya rasa puas. Kita akan selalu merasa kurang dan tidak bersyukur terhadap yang ada.

Hal penting yang perlu kita pahami, kita bukan terlahir untuk iri terhadap orang lain. Namun diri kita adalah eksistensi terbaik yang memiliki ke-khasan masing-masing.

Related Posts

Pada akhirnya, kita tidak pernah mengalami kemajuan dan hanya diam di tempat jika terus membendingkan diri dengan orang lain, jika tak ada rasa syukur dan pergerakan.

3. Tidak bisa mengeluarkan potensi terbaik

Terlalu sering melihat pencapaian hebat orang lain tanpa ikut bergerak maju hanya akan membuat kita merasa kehilangan potensi.

Padahal jika terus bergerak maju tanpa harus membandingkan dengan pencapaian orang lain, hasilnya akan membuat fokus untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Dan pastinya potensi terbaik akan muncul secara tak terduga ataupun yang sudah direncanakan sebelumnya.

BACA JUGA: Tips Hadapi Masalah, agar Jiwa Tidak Rapuh

4. Akan menimbulkan frustasi

Jika harapan tak sesuai dengan rencana, kemudian diri ini membandingkannya dengan orang lain, maka yang ada hanya sebuah rasa frustasi.

Kuncinya adalah terus berjuang dan bekerja. Orang lain hanya dapat dijadikan motivasi, sebentar saja! Yang perlu kita panjangkan dan perbanyak adalah rasa syukur dan berjuang. []

SUMBER: IDN TIMES


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline