peremen karet tertelan, Permen Karet Tertelan, Apa yang Terjadi pada Tubuh?
Unik, Informatif , Inspiratif

Permen Karet Tertelan, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

0

Permen karet dipilih banyak orang sebagai teman dalam kesendirian. Tak jarang permen karet akan bertahan di dalam mulut sampai sarinya hilang semua. Tapi, apa jadinya jika tak sengaja menelan permen karet saat sedang dikunyah?

Banyak yang merasa khawatir akan hal ini. Belum lagi berbagai macam mitos atau info yang tersebar, akibat dari menelan permen karet bisa membahayakan perut.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Noda Permen Karet pada Pakaian

Ada bantahan mengenai mitos yang beredar. Menurut ahli kesehatan dan kebugaran dari Maple Holistics, Caleb Backe, mitos-mitos yang beredar mengenai tertelan permen karet tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Hal tersebut pun dianggap hanyalah omong kosong belaka.

Dari The Ohio State University, bahwa lambung secara berkala mengosongkan isinya ke dalam usus kecil. Sehingga permen karet biasanya tidak akan berada di dalam tubuh lebih dari seminggu.

BACA JUGA: 4 Manfaat Unik Mengunyah Permen Karet

Direktur Nutrisi Dewasa dari University of Chicago, Edwin McDonald, menjelaskan jika permen karet dapat menyebabkan bezoar, yaitu kondisi di mana sejumlah kecil bahan yang tidak dapat dicerna yang berpotensi menyebabkan sumbatan pada usus. Namun, itu pun apabila menelan permen karet berkali-kali.

Bila tak sengaja dan hanya sekali saja, tidak akan berdampak apa-apa. Tapi, baiknya usahakan hindari kebiasaan menelan permen karet. []

SUMBER: MEDCOM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.