Foto: Wallpapers

Persiapan, Ini Hal yang Terjadi pada Diri Saat Lapar Puasa

INSPIRADATA. Dalam konsep Islam, soal rasa lapar terlatih jelas dalam Ibadah puasa. Bukan hanya puasa Ramadhan yang bersifat wajib, Rasulullah SAW juga membiasakan puasa sunah seperti senin kamis, puasa pertengahan bulan (ayyamul bidh) dan lainnya. Kebiasaan Beliau tidak makan sebelum lapar, makan tidak sampai kenyang, ukuran makan dan minumnya ialah sepertiga perut untuk makan, sepertiga minum dan sepertiga lainnya untuk bernafas adalah cermin menjaga kesehatan fisik.

Dibalik rasa lapar baik karena berpuasa atau menyengaja berlapar-lapar dalam beberapa saat agar bisa benar-benar menikmati makan ternyata memiliki hikmah tersendiri justru untuk menjaga kesehatan struktur tubuh yang memberi dampak positif memperpanjang usia dan awet muda.

Dan, mulai sekarang jika terdengar bunyi perut keroncongan cobalah untuk menikmatinya lebih dahulu, jangan langsung buru-buru makan karena pada saat itu gen sirtuin tengah aktif bekerja. Bayangkan seluruh tubuh kita saat itu tengah diperiksa oleh gen ini untuk diperiksa dan diperbaiki. Jika saatnya makan dianjurkan untuk makan yang memang kita inginkan namun dalam porsi sewajarnya bukan balas dendam sebanyak-banyaknya.

Berarti memang untuk mendapat “gen panjang umur” tersebut, mau tak mau kita harus sering berpuasa. Bila perut belum terasa lapar hingga berbunyi, gen tersebut tidak akan bekerja sehingga kita tidak mendapat manfaat apa-apa. Gen sirtuin dalam tubuh lah yang akan memperbaiki sel-sel yang rusak. Nah salah satu penyebab kanker dan penuaan dini adalah kelainan genetis (kerusakan gen). Dan ternyata itu bisa diantisipasi dengan membiasakan diri merasakan lapar khususnya melalui puasa.

Dalam keadaan lapar pula sebenarnya “Gen Kelaparan” sebagai gen penghemat energi bekerja secara efektif, jadi makan dengan porsi sedikitpun mampu menghasilkan lemak viseral yang dapat mencukupi kebutuhan energi tubuh. Itulah kunci melakukan diet untuk kesehatan menurut Yoshinori Nagumo, Ketua Asosiasi Kedokteran Anti Aging berkelas internasional.

Betapa hebat, ya… ternyata hikmah berpuasa bagi kesehatan, itu yang kadang dilupakan orang. Sungguh memang semua ibadah yang diperintahkan Allah akan kembali manfaatnya buatnya manusia itu sendiri. []

Sumber: Ummi-Online


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *