Unik, Informatif , Inspiratif

Pertama di Dunia, Kereta Peluru Internasional China-Hong Kong Diresmikan

0

Kereta peluru pertama tingkat internasional yang menghubungkan Hong Kong-China resmi dioperasikan pada Ahad (23/9/2018).

Seperti dari CNN International, Senin (24/9/2018), layanan kereta cepat itu dibuka untuk publik. Namun, perkembangan itu pun sekaligus memunculkan kekhawatiran lebih besar akan upaya China dalam merambah wilayah administrasi Hong Kong.

BACA JUGA: Wah, Saat Malam Hari Kota Jayapura Bak ‘Hong Kong’

Ribuan jurnalis, turis dan penggemar kereta rela mengantre selama berjam-jam untuk menjadi penumpang pertama kereta cepat senilai US$ 10 miliar di rute Stasiun West Kowloon (Hong Kong) ke Guangzhou (China).

Kereta cepat dengan rel sepanjang 26 kilometer itu merupakan yang terbesar di dunia saat ini.

Adapun kereta ini beroperasi dengan skema joint checkpoint arrangement, di mana stasiun dibagi menjadi dua seksi, yakni wilayah Hong Kong dan China.

Di bawah skema ini, pemerintah Hong Kong menyewa beberapa bagian dari stasiun termasuk checkpoint imigrasi, ruang tunggu dan platform.

Ini berarti, meski Stasiun West Kowloon berada di Hong Kong, namun beberapa bagian dari itu mengikuti hukum dari pemerintah China dan diawasi oleh polisi mainland China.

BACA JUGA: Banyak Persengketaan Online, China Buka ‘Pengadilan Internet’

Berdasarkan perjanjian, otoritas China memiliki kuasa untuk menangkap individu di dalam stasiun, atau mentransfer mereka ke mainland China.

Adapun Stasiun West Kowloon dapat menampung hingga 80.100 penumpang per hari, di mana kereta cepat ini dapat memangkas perjalanan menjadi hanya 47 menit dari sebelumnya 2 jam. []

SUMBER: CNBC | CNN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.