Perumpamaan Orang yang Berlindung kepada Selain Allah SWT

gambar-jaring-laba-laba-indah-hxyINSPIRADATA. Orang yang menyadari kelemahannya pasti ia akan mencari pihak lain, sebagai tempat bergantung dan berlindung. Tapi, jika ia salah dalam mencari tempat berlindung dan bergantung, maka akan mengantarkannya pada kecelakaan. Mengapa? Karena tempat berlindung itu amat lemah dan rapuh. Sama rapuhnya dengan sarang laba-laba.
Begitulah kiranya jika kita salah dalam mengambil perlindungan.

Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui. (QS Al Ankabuut: 41)

Jika sekarang kita melihat banyak fenomena, manusia banyak mencari perlindungan kepada selain Allah, seperti pergi ke dukun, pejabat, pengusaha, dan lain-lain hanya untuk mencari perlindungan dan rasa nyaman. Meski pun orang tersebut adalah orang memiliki pangkat, jabatan, dan pendidikan tinggi, namun semua itu tidak membuatnya dekat dengan Allah.

“Dan mereka telah mengambil sesembahan-sesembahan selain Allah, agar sesembahan-sesembahan itu menjadi pelindung bagi mereka, sekali-kali tidak. Kelak mereka (sesembahan-sesembahan) itu akan mengingkari penyembahan (pengikut-pengikutnya) terhadapnya, dan mereka (sesembahan-sesembahan) itu akan menjadi musuh bagi mereka.” (Qs. Maryam : 81-82)

“Mereka mengambil sesembahan-sesembahan selain Allah, agar mereka mendapat pertolongan. Berhala-berhala itu tiada dapat menolong mereka; padahal berhala-berhala itu menjadi tentara yang disiapkan untuk menjaga mereka.” (Qs. Yasin : 74-75)

“Dan Kami tidak menganiaya mereka tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri, karena itu tiadalah manfaat sedikitpun kepada mereka sesembahan-sesembahan yang mereka seru selain Allah, diwaktu azab Tuhanmu datang. Dan sesembahan-sesembaha itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali kebinasaan belaka.” (Qs. Huud : 101)

Perlu lah kita sadari bahwa pelindung terbaik adalah Allah SWT. Seperti yang selalu kita ucapkan dalam sholat.

“Hanya kepada Engkau kami beribadah dan hanya kepada Engkau kami memohon pertolongan.” (QS AL Fatihah:5)


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *