Pesatnya Pendidikan Finlandia karena Ki Hadjar Dewantara, Kata Mantan Mendikbud

INSPIRADATA. Pendidikan di Finlandia memang terkenal dengan kepesatannya di dunia, namun sebelumnya pada era 80-an kondisinya tidak lebih baik dari Indonesia.

Ternyata rahasia di balik berhasilnya reformasi pendidikan di negara kawasan Skandinavia tersebut, karena negara itu mengikuti ajaran dari Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Pernyataan tersebut disampaikan oleh mantan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan pada tahun 2014 lalu.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu mengatakan, pendidikan di Finlandia dikembangkan berdasarkan sejumlah buku yang ditulis Ki Hadjar Dewantara yang merupakan Menteri Pendidikan pertama di Indonesia. Namun, kata Anies, ironisnya ajaran Ki Hadjar tersebut diabaikan di Indonesia.

“Di negeri ini (buku Ki Hadjar Dewantara) tidak dibaca, tapi di Finlandia dipraktikkan,” ujar Anies di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/12/2014), lansir Liputan6, Selasa (02/05/2017).

Menurut Anies, pendidikan di Finlandia dikembangkan tanpa unsur dan kepentingan politik. Jadi meski pemerintah berganti, hal tersebut tak berpengaruh atas jalannya transformasi pendidikan.

Selain itu, Anies menambahkan, tempat pendidikan di Finlandia tidak disebut sekolah, melainkan taman. Kata dia, penyebutan itu sudah jelas berdasarkan ajaran dari Ki Hadjar.

“Finlandia menyebut sekolah sebagai taman, mari kita kembalikan semangat itu,” tandas Anies.

“Ironis ketika negara lain menerapkan prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang dituliskan puluhan tahun dan sukses meningkatkan pendidikan mereka saat ini, (sedangkan) kita sendiri terasing dari pemikirannya.” []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *