foto: okezone

Peserta SBMPTN di Makassar Kedapatan Nyontek Lewat Ponsel

INSPIRADATA. Seorang peserta jalur Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 diketahui mencontek melalui ponsel di lokasi ujian Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 16 Makassar. Kunci jawaban tersebut diketahui bocor via ponsel peserta.

“Peserta yang kedapatan sudah diamankan beserta barang buktinya dan terancam didiskualifikasi,” kata Ketua panitia, Andi Naharuddin, Selasa (16/05/2017), lansir Tempo.

Dia mengatakan panitia mengamankan seorang peserta setelah kedapatan melakukan kecurangan mencontek via ponsel ketika ujian sedang berlangsung. Naharuddin menjelaskan panitia memang sudah curiga dengan gerak gerik peserta tersebut, sehingga langsung mendatanginya.

“Saat panitia periksa di ponsel pelaku ada beberapa kunci jawaban via pesan pendek. Kami sudah amankan pelaku di Posko Induk Unhas untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ucap Naharuddin.

Sementara untuk nomor ponsel yang mengirimi kunci jawaban SBMPTN kepada salah satu peserta, ia mengakui masih dalam proses penyelidikan dan terus dilacak.

“Kami sudah periksa seluruh peserta sebelum masuk ikuti ujian. Tapi peserta ini menyimpan hpnya dibawah kaos kakinya sehingga luput dari pemeriksaan pengawas,” tutur Andi Naharuddin.

Meski salah satu peserta didapatkan melakukan kecurangan, ujian SBMPTN tetap berlangsung aman dan tertib. Bahkan tak mengganggu proses ujian SBMPTN.

Sementara itu, menurut informasi, pada Selasa 16 Mei sebanyak 47.963 peserta yang mengikuti ujian SBMPTN dibeberapa lokasi secara serentak diantaranya Kampus Unhas Tamalanrea, Unhas Gowa, UNM Gunung Sari, UNM Parangtambung, UNM Toddopuli, Kampus UIN Alauddin, dan beberapa ruang sekolah (SMP dan SMA). []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *