artis sengaja beli narkoba nol koma
Foto: Kabar Oke6

Petugas BNN Cukup Sulit Menemukan Narkoba yang Beredar

Mengingat tingkat kerawanan terhadap beredarnya barang haram narkoba jelang tahun baru, Badan Narkotika Nasional (BNN) Menyebut bahwa lintasan-lintasan yang cukup strategis untuk enyebaran narkoba ini menjadi perhatian yang cukup serius.

Saat menggelar hasil kinerja jajarannya pada Tahun 2018, Kepala BNN Kota Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Rusli Lubis mengatakan berdasarkan hasil pengamatan, untuk saat ini, modus lain yang dilakukan para pengedar untuk menyebarkan barang haram ini cukup beraga, dan belakangan ini para pengedar cukup menyulitkan pantauan petugas untuk memukan barang tersebut.

BACA JUGA: 11 Bahaya Narkoba yang Wajib Diketahui

“Modus yang belakangan paling sering kami temukan adalah menempelkan narkoba ke tiang listrik. Sehingga antara kurir dan bandar tidak saling tahu. Mereka hanya memberi kode menyimpan narkoba, dan biasanya di tempel di tiang listrik,” katanya pada wartawan.

Tidak hanya di tiang listrik, tempat pembuangan sampah juga sering digunakan sebagai tempat untuk mengedarkan narkoba karena untuk mengelabui petugas.

“Kalau seperti ini sulit untuk kami melakukan pengembangan terhadap jaringan seperti itu. Jadi Depok ini biasa digunakan sebagai jalur perlintasan tempat transit jaringan Bogor dan sekitarnya,” ujar Rusli.

Rusli dan tim berhasil membekukan para pelaku yng berinisial I alias K dengan barang bukti 1,02 gram, pada Oktober 2018. Kemudian pada November 2018, pria yang berinisial KG dan RDW terciduk dengan temuan sabunya seberat 2,02 gram. Sedangkan pada awal Desember 2018, pelaku berinisial AJ berhasil dibekukan oleh BNN Kota Depok dengan barang bukti 3,1 kilogram ganja.

BACA JUGA: 12 Cara Jitu Jauhkan Narkoba dari Keluarga Anda

“Dari hasil giat selama beberapa bulan ini, kami menemukan tren penyalahgunaan narkoba di wilayah Depok bergeser ke jenis sabu. Penggunanya pun beragam. Tentunya kami tidak akan tinggal diam. Bersama dinas dan institusi terkait kami akan terus melakukan pengawasan, pencegahan dan penindakan pada siapapun yang mengedarkan narkoba.”

Guna mencegah beredarnya narkoba di area rutan, Kepala Rutan Kota Depok, Bawono Ika mengatakan, bahwa pihaknya akan terus melakukan operasi gabungan khususnya dengan BNN. []

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

About Nanda

Check Also

tukang becak

Dipenjara, Tukang Becak Ini Dapat Donasi Rp 700 Juta Lebih

Akibat kecelakan itu, nyawa penumpang tidak tertolong dan akhirnya meninggal 15 menit setelah tiba di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *