Petugas Gabungan di Situbondo Sidak Toko dan Swalayan Jelang Ramadan
Petugas Gabungan di Situbondo Sidak Toko dan Swalayan Jelang Ramadan

Petugas Gabungan di Situbondo Sidak Toko dan Swalayan Jelang Ramadan

INSPIRADATA. Petugas gabungan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah toko dan swalayan. Untuk mengantisipasi peredaran makanan dan minuman tidak layak konsumsi jelang Ramadan.

“Petugas gabungan berasal dari dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Satpol Pamong Praja, Kepolisian, dan Dinas Kesehatan setempat. Sebelum memasuki bulan Ramadan kami melakukan inspeksi mendadak di toko maupun swalayan dimulai dari wilayah timur Situbondo yaitu Kecamatan Asembagus, Jangkar, Banyuputih dan Kecamatan Arjasa,” Kata Kepala Bidang Metrologi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Situbondo Suprihargito. Seperti disitat dari Republika, Rabu (17/5/2017).

Selama sidak, Suprihargito mengatakan petugas mendapati sejumlah produk makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa atau tidak layak konsumsi dan juga ditemukan kaleng susu yang sudah rusak.

“Temuan makanan dan minuman tahun ini lebih sedikit bila dibandingkan tahun sebelumnya. Dan untuk sementara atas temuan ini kami tidak langsung menyita tetapi memberikan peringatan dan memberikan pembinaan kepada pemilik yang diketahui masih menjual makanan maupun minuman kadaluwarsa,” jelasnya.

Suprihargito menambahkan, selaku Ketua Tim Sidak akan memberikan sanksi tegas ketika masih ditemukan swalayan yang menjual makanan dan minuman kadaluwarsa dan kemasannya rusak.

“Tujuan inspeksi mendadak ini tentunya untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen, karena di bulan Ramadhan dan Lebaran konsumsi masyarakat akan semakin bertambah atau meningkat, sehingga perlu dilakukan penekanan kepada pemilik toko dan swalayan agar tidak menjual makanan-minuman kadaluwarsa atau tidak layak konsumsi,” tuturnya.

Rencananya, setelah melakukan inspeksi mendadak di wilayah timur Situbondo, pada Rabu (17/5) petugas gabungan juga akan sidak di wilayah barat dan secara bergantian sidah akan terus dilakukan selama dan hingga Lebaran. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *