Unik, Informatif , Inspiratif

Philopobhia: Takut Jatuh Cinta dan Dicintai, Kok Bisa?

0

Rasa takut untuk jatuh cinta serta dicintai, sering disebut Philopobhia. Banyak hal yang mempengaruhi seseorang mengalami yang satu ini, di antaranya trauma masa lalu.

Ya, dalam hal ini kadang kita tiba-tiba menjauh saat ada lelaki/wanita yang menunjukkan ketertarikannya. Padahal sebelumnya mereka biasa saja dan begitupun dengan kita kepada mereka.

BACA JUGA: 4 Fobia Ini Paling Banyak Dialami Orang di Dunia

Selain hal tersebut, beberapa hal di bawah ini pun merupakan faktor Anda penidap Philopobhia:

1. Insecure pada lawan jenis

Kita merasa insecure saat ada lawan jenis yang mendekati. Awalnya menikmati saat-saat berteman dan masa-masa kebersamaan dengannya. Tapi saat “si dia” menunjukkan keseriusannya, kita malah mulai menjauh dan tiba-tiba berubah menjadi orang asing.

2. Berusaha menghapus “pikiran”

Kita sering memikirkannya, namun cepat-cepat menepis ketika pikiran itu mulai menyentuh hati. Membuat alasan-alasan kenapa kita bisa memikirkannya dan segera mengakhiri bayangan akan kemungkinan-kemungkinan hubungan yang lebih dalam.

BACA JUGA: Islamofobia, Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Rasulullah s.a.w

3. Hangout hanya dengan sahabat

Kita jarang berinteraksi dengan lawan jenis dan lebih menyukai kesendirian. Kalaupun hangout, kita lebih banyak jalan dengan sahabat serta teman.

4. Menolak dikenalkan

Setiap sahabat kita mengenalkan pada temannya, kita menerimanya karena menghargai kebaikannya, namun kita tetap dingin terhadap orang yang ia kenalkan pada kita.

BACA JUGA: 4 Kalimat yang Membuatmu Dicintai Allah

5. Sering membandingkan

Membandingkan “dirinya” dengan “mantan” kita. Kita khawatir jika akan berakhir juga seperti sebelumnya. Untuk itu, kamu menjauh dan bersikap dingin terhadap “si dia”. []

SUMBER: POPBELA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.