Sidang Ahok

Pihak Kepolisian Menerapkan Pengamanan 4 Ring pada Sidang Ahok Besok

INSPIRADATA. Sidang putusan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan digelar di Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (8/5/2017) besok. Aparat kepolisian mengungkapkan, untuk pengamanan besok akan lebih diperketat dari sebelumnya, karena ini merupakan sidang terakhir. Demikian disitat dari Republika, Senin (7/5/2017).

“Pasukan bisa lebih dari 2000, karena ini terakhir ya, tentu pengamanan lebih ekstra,” kata Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, Kompol Purwanta, Senin (8/5).

Purwanta juga menegaskan, pengamanan besok tidak hanya penambahan pasukan, karena mengingat besok sidang terakhir, maka pengamanan tidak hanya dari Polda Metro Jaya. Ia menyatakan, Polri pun akan turut andil dalam mengamankan jalannya sidang terakhir Ahok.

“Dari Mabes juga akan ikut menjaga. Kami bersiap saja karena belum tahu bagaimana gambaran pro dan kontranya besok,” ujar dia.

Pihak kepolisian sampai saat ini belum mendapat surat pemberitahuan dari pihak manapun terkait adanya aksi demonstrasi di depan Gedung Kementan. Meskipun begitu, pihak Kepolisian akan tetap menerima jika nantinya ada masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi ketika sidang Ahok berlangsung.

“Sampai saat ini kami belum dapatkan pemberitahuan. Tapi dari pihak GNPF MUI kan katanya menerima apapun putusan sidang besok,” ujar Argo kepada para wartawan.

Purwanta mengatakan, kepolisian akan menerapkan strategi pengamanan 4 ring untuk besok. Penjagaan tidak hanya dilakukan di dalam gedung saja, tetapi di sekitar wilayah Gedung Kementan dan lalu lintas sekitar pun akan diperketat.

“Ring pertama di dalam ruang sidang. Ring kedua di depan ruang sidang. Ring ketiga di lingkungan kementan. Keempat adalah bagian lalu lintas, di luar,” ujar Purwanta.

Kombes Pol Argo Yuwono selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan, pengamanan 4 ring tersebut merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus dilakukan oleh Kepolisian dalam mengamankan peristiwa tertentu. Menurutnya, metode empat ring juga telah diterapkan di gelaran sidang sebelumnya.

“SOP kita tetap sama ya, seperti yang sidang-sidang sebelumnya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (8/5). []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *