Inspirasi dan Data

Pilih Jasa Pembantu Harian atau Bulanan?

0

Menggunakan jasa pembantu atau asisten rumah tangga (ART), merupakan pilihan banyak orang untuk menuntaskan berbagai pekerjaan rumah.

Tapi sebelum menggunakan jasa tersebut, seseorang akan dihadapkan kepada dua pilihan ART. Karena sejauh ini, di Indonesia ada dua jenis ART yang dibedakan berdasarkan metode pembayaran. Pertama adalah ART harian, dan yang kedua adalah bulanan.

Untuk membantu dalam menetukan ART mana yang jadi pilihan, berikut adalah penjabaran terkait kelebihan dan kekurangan dari masing-masing ART.

1. ART harian
Mempekerjakan ART harian dinilai lebih simpel karena majikan tidak perlu menyediakan kamar khusus untuk tempat tinggal sementara. Karena ART jenis ini selalu pulang jika sudah selesai bekerja. Namun, ART jenis ini umumnya mematok harga yang sedikit lebih mahal. Karena mengingat mereka bekerja secara borongan dalam sehari, dan tidak setiap hari jasanya dimanfaatkan.

Jika hubungan kerja ingin berlanjut, umumnya ada perjanjian yang dibuat terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan di hari berikutnya. Juga apabila lebih memilih ART harian, kita bisa jadi kurang mengenal pembantu yang bekerja mengurus rumah.

2. ART bulanan
ART bulanan dipekerjakan dalam jangka waktu yang panjang. Mencari ART bulanan juga cukup mudah, sebab ada banyak orang yang ingin mencari nafkah sebagai pembantu rumah tangga untuk jangka waktu yang cukup lama tersebut.

Kekurangan dari ART bulanan adalah pada saat lebaran tiba. Umumnya, mereka akan meminta izin untuk pulang ke kampung halamannya. Bisa seminggu, atau bahkan sebulan penuh. Akibatnya, kita akan kehilangan ART dan kita pun bisa kewalahan mengerjakan pekerjaan rumah.

Sumber : Home

loading...
loading...
Comments
Loading...