Unik, Informatif , Inspiratif

Pilih Menu Makanan Kukus untuk Berbuka, yuk!

0

Waktu buka puasa adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Akhirnya, Anda bisa makan dan minum lagi setelah hampir seharian menahan rasa lapar dan haus.

Biasanya, gorengan jadi salah satu makanan yang paling banyak diincar oleh banyak orang saat berbuka. Tapi, tahukah Anda kalau makanan kukus jauh lebih sehat dan tak kalah enak ketimbang gorengan?

Tidak dimungkiri, gorengan memang digemari kebanyakan masyarakat Indonesia. Apalagi kalau dimakan bersama cabai rawit, rasanya sangat nikmat! Tapi, berbuka dengan gorengan justru bisa meningkatkan risiko penyakit timbul pada tubuh Anda.

Kandungan minyak dalam gorengan mengandung minyak lemak jenuh yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

Selain itu, minyak lemak jenuh ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol darah, yang nantinya juga menyebabkan peningkatan risiko sakit jantung.

Boleh saja berbuka dengan gorengan. Tapi, pastikan makan makanan yang sehat dulu. Misalnya sayuran atau makanan yang memang dimasak dengan cara sehat seperti dikukus atau direbus.

Dibandingkan menggoreng, mengukus atau merebus makanan tidak menambahkan jumlah lemak pada makanan. Anda dapat menambahkan sedikit garam atau rempah-rempah lain saat mengukus makanan, sehingga masakan akan memiliki rasa yang lebih enak.

Mengukus adalah proses masak yang menggunakan uap panas dari air yang dididihkan. Ketika ditempatkan dalam sebuah wadah yang sama, uap panas itu akan memasak makanan secara perlahan hingga matang. Cara memasaknya pun tergolong sangat mudah dan simple.

Untuk orang-orang yang sedang membatasi asupan kalori dan lemak, cara ini dapat menjadi alternatif yang baik karena tidak menggunakan minyak. Selain itu, mengukus adalah cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi dari sayur-sayuran.

Makanan yang dikukus akan lebih mudah diserap oleh tubuh ketimbang makanan yang digoreng atau dibakar. Ini dikarenakan makanan yang dikukus tidak akan menghilangkan daya seratnya, sehingga makanan jadi lebih mudah dicerna dan baik untuk sistem pencernaan.

Yuk, coba sajikan hidangan kukus untuk menu buka puasa Anda bersama keluarga. Sudah banyak resep makanan kukus mudah yang bisa dicoba. Dijamin tidak kalah menggiurkan! []

Sumber: www.klikdokter.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.