kehamilan
Foto : zolace

4 Pilihan Olahraga yang Bisa Dilakukan Agar Bisa Lahiran Normal

Kehamilan merupakan sebuah anugerah keajaiban terindah yang Allah beri terkhusus untuk wanita. Proses persalinan pun menjadi bentuk perjuangan bagi sang ibu.

Dari banyaknya proses melahirkan, tetap proses persalinan normal lah yang tetap menjadi pilihan wanita. Untuk mengusahakan bisa melahirkan secara normal, salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan olahraga. Ada beberapa pilihan olahraga ringan yang mudah untuk dilakukan agar bisa meningkatkan peluang untuk lahiran normal.

1. Jalan kaki
Dilansir dari momjunction.com, jalan kaki diyakini bisa membantu mulut rahim melebar dan memperbaiki posisi bayi. Jika seorang wanita hamil rutin berjalan kaki, maka nanti saat proses bersalin akan berjalan lebih lancar tanpa rasa sakit berkepanjangan.

2. Olahraga kegal
Olahraga ini bisa bantu menguatkan otot-otot panggul yang memiliki peran penting dalam proses persalinan. Latihan otot panggul dengan kegal selama 10-15 menit per hari bisa cukup efektif mempersiapkan otot panggul siap untuk persalinan.

3. Olahraga squat
Gerakan squat bisa membuat posisi bayi terdorong ke bawah dan bisa meningkatkan peluang lahiran normal. Usahakan saat melakukan gerakan squat ini juga didampingi pelatih atau seseorang yang bisa diandalkan agar tidak terjadinya cedera.

4. Melakukan gerakan butterfly
Gerakan ini bisa membantu memperkuat punggung, paha, dan panggul. Juga bisa membuat sendi-sendi panggul fleksibel serta memperlancar aliran darah ke tubuh bagian bawah dan memperlancar persalinan.[]


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *