PLN Sewa Kapal dari Turki

PLN Sewa Kapal Pembangkit dari Turki untuk Aliri Listrik ke Berbagai Daerah

INSPIRADATA. PT PLN akan meningkatkan pasokan listrik ke berbagai daerah dengan menyewa 10 kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) dari Turki. Demikian disitat dari Kumparan, Selasa (6/6/2017).

I Made Suprateka selaku epala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN Persero menyebutkan, penyewaan kapal tersebut akan dilakukan selama 2 tahun ke depan. Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh PLN untuk mempercepat rasio elektrifikasi yang ditargetkan akan mencapai 99 persen pada 2019.

“Kapal ini memang seperti di Sumatera Utara, karena permintaan di sana cukup tinggi, jadi butuh pasokan tambahan. Rencananya kapasitas kapal-kapal ini sekitar 100 MW,” kata Made. Namun, Ade belum bisa menyebutkan daerah mana saja yang akan mendapatkan pasokan listrik dari kapal itu.

Menurut Made, beberapa daerah yang masih kurang pasokan listrik, seperti Maluku Utara, Papua dan NTT. Sejumlah langkah telah dilakukan PLN untuk memasok listrik ke daerah tersebut, di antaranya temporary powerplant seperti MVPP, menarik jaringan transmisi, dan menggali potensi daerah seperti membangun PLTA kecil (micro hydro) atau solar panel.

Foto: Dok. PLN

“Rasio elektrifikasi di Papua itu mungkin tahun ini bisa 60 persen, Maluku Utara bisa di atas 50 persen, kalau NTT mungkin lebih baik, karena sudah ada kapal pembangkit juga yang didatangkan tahun ini,” paparnya.

Untuk biaya sewa kapal itu sendiri, Made tidak bisa menyebutkan nilainya. Namun, dirinya menjamin PLN memiliki dana untuk menopang salah satu langkah peningkatan rasio elektrifikasi ini.

“Kecukupan modal kita tinggi, Rp 850 triliun lebih modal perusahaan. DER (Rasio utang terhadap modal) kita sekitar 40 persen, masih bagus, bahkan yang DER-nya 200 persen saja bank masih melihat itu bagus,” ujar Made. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *