Foto: REUTERS/Amir Cohen

PM Netanyahu Ajak Negara-negara di Dunia Pindahkan Kedubes ke Yarusalem

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengajak negara-negara di dunia untuk memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem.

“Pindahkan kedutaan Anda ke Yerusalem karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Pindahkan kedutaan Anda ke Yerusalem karena ini memajukan perdamaian, dan itu karena Anda tidak mendasarkan perdamaian pada landasan kebohongan,” kata Netanyahu, saat berpidato di sebuah perayaan menyambut pemindahan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) ke Yerusalem pada Ahad (13/5) lansir Reuters.

Ia menegaskan, apa pun yang terjadi, Yerusalem akan tetap menjadi ibu kota Israel. “Di bawah perjanjian damai apa pun yang dapat Anda bayangkan, Yerusalem akan tetap menjadi ibu kota Israel,” ujarnya.

Israel mengatakan, sebanyak 86 negara dengan misi diplomatik di negaranya diundang ke acara perayaan pemindahan kedubes AS ke Yerusalem. Namun hanya 33 perwakilan yang memastikan hadir.

Dua di antaranya adalah perwakilan Guatemala dan Paraguay yang telah berencana mengikuti jejak AS memindahkan kedubesnya ke Yerusalem. Perwakilan Uni Eropa di Israel telah mengatakan tidak akan menghadiri acara perayaan pemindahan kedubes AS ke Yerusalem.

“Uni Eropa akan menghormati konsensus internasional di Yerusalem, termasuk di lokasi representasi diplomatik mereka sampai status terakhir Yerusalem diselesaikan,” kata Perwakilan Uni Eropa di Israel melalui akun Twitternya akhir pekan lalu.

Pada Maret lalu, Presiden Guatemala Jimmy Morales mengatakan akan memindahkan kedubesnya untuk Israel ke Yerusalem. Hal ini akan dilakukan pada 16 Mei mendatang.

Sedangkan Paraguay berencana memindahkan kedubesnya untuk Israel ke Yerusalem pada akhir bulan ini. Hal ini disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmanuel Nahshon.

Pada April lalu, Netanyahu mengklaim terdapat sekitar enam negara yang rutin mendiskusikan pemindahan kedubesnya ke Yerusalem. Kendati demikian, ia tak mengungkap negara mana saja yang kerap menjalin diskusi dengannya. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Saudi Sepi karena Virus Corona, TKI Alman: Supir Taksi Nangis ke Saya 

Jalanan yang biasanya ramai dan macet oleh kendaraan, saat ini terlihat kosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *