Unik, Informatif , Inspiratif

Pola Makan Sehat, Ini 5 Caranya!

0

Pola makan sehat adalah awal untuk hidup bahagia sepanjang masa. Dengan pola makan yang sehat, Anda pun akan terhindar dari beragam penyakit berbahaya.

Tidak dimungkiri, pola makan yang salah memang terbukti berperan pada terjadinya penyakit berbahaya. Sebut saja, penyakit jantung, diabetes, bahkan kanker yang belum ada obatnya.

Atas dasar itu, bagi Anda yang ingin panjang umur dan bahagia hingga akhir masa, memulai pola makan sehat harus dimulai sejak saat ini.

1. Perbanyak makan buah dan sayur

Mayoritas buah dan sayur mengandung serat yang mampu mengikat zat karsinogen ― yang merupakan penyebab kanker.

Namun, bukan berarti semua buah itu menyehatkan. Salah satu buah yang sebaiknya Anda hindari adalah durian, karena mengandung lemak yang sangat tinggi.

Selain itu, hindari juga melinjo atau emping, karena mengandung purin tinggi sehingga bisa mencetuskan asam urat tinggi.

2. Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet dapat memicu efek jangka panjang berupa munculnya kanker.

Karenanya, dalam penerapan pola makan yang sehat, Anda harus sebisa mungkin menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet.

Bahan pengawet sering ditemukan dalam makanan kemasan, termasuk makanan kalengan.

3. Hindari makanan yang tinggi lemak

Pastikan untuk membatasi asupan lemak, yanga biasanya terdapat pada makanan yang dimasak dengan minyak, mentega, margarin, dan santan.

Lantas, apakah itu artinya manusia tidak membutuhkan lemak? Tidak juga. Manusa tetap butuh lemak, namun dalam jumlah yang cukup dan berasal dari sumber yang lebih alami.

4. Perbanyak minum air putih

Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari cairan. Jika kita kekurangan cairan, kinerja organ vital akan ikut terganggu.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut, air putih adalah asupan yang paling baik. Jika ingin sedikit variasi, konsumsilah jus sayur atau buah yang tidak ditambah apa-apa.

Sebaliknya, Anda wajib menghindari minuman beralkohol, bersoda, atau mengandung gula dan kafein yang tinggi.

5. Atur porsi

Sesehat-sehatnya makanan yang dikonsumsi, Anda tetap harus memerhatikan porsi agar tidak berlebihan.

Faktanya, mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah terlalu banyak malah akan menempatkan Anda pada risiko obesitas dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Jangan ragu untuk segera menerapkan pola makan sehat mulai saat ini. Anda ingin terhindar dari penyakit berbahaya dan hidup bahagia sepanjang masa, bukan? []

SUMBER: www.klikdokter.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.