Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono

Polda Metro Jaya: Kami Siapkan 15 Ribu Personel untuk Mengamankan Aksi Simpatik 55

INSPIRADATA. Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan, pihakya telah menerima surat pemberitahuan Aksi Simpatik 55 dari Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang akan dilaksanakan pada Jumat (5/5/2017). Dengan diterimanya surat tersebut, Polisi akan menyiapkan personel sekitar 15 ribu untuk turut mengamankan Aksi Simpatik 55. Demikian disitat dari Republika, Rabu (3/5/2017).

Menurut Argo, Aksi ini telah dianalisis oleh bagian intelijen polisi. Massa diprediksi akan melaksanakan Shalat Jumat terlebih dahulu di Mesjid Istiqlal, setelah itu long march ke Mahkamah Agung (MA).

Personel yang kita siapkan berasal dari Mabes Polri dan Polda Metro Jaya. Menurut Argo, jumlah personel bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi di lapangan nanti. “Kalau kita lihat perkiraan intelijen kita masih harus tambah pasukan, akan kita bantukan dari polda samping, TNI juga ada, serta Pemda juga,” kata dia di Mapolda Metro Jaya, Rabu (3/5) siang.

Argo berharap, massa aksi dapat menyampaikan aspirasinya dengan tertib dan sesuai hukum, mulai dari Mesjid Istiqlal sampai ke Mahkamah Agung. Sehingga jalannya aksi ini tidak ikut mengganggu kenyamanan warga yang lain. “Tentunya sudah ada aturan tentang penyampaian pendapat di muka umum, harus sesuai pasal 9 tahun 1998,” kata Argo.

Saat disinggung dengan intervensi putusan pengadilan terkait kasus Ahok, Argo membantahnya, Ia tidak setuju dengan hal tersebut. Menurutnya, pengadilan tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. “Kan ada SOP tersendiri, pengadilan punya norma dan aturan tersendiri jadi siapapun tidak bisa mengintervensi pengadilan,” katanya.

Aksi Simpatik 55 menuntut independensi hakim dalam memutuskan hukuman terhadap Basuki Tjahaja Purnama. Aksi ini rencananya akan melibatkan jutaan umat Islam yang merasa agamanya telah dihina oleh pernyataan Ahok. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *