Unik, Informatif , Inspiratif

Poligami pada Tempatnya

0

Terbayang saat istri belum merestui suami untuk poligami, dan suami menuduh istri kafir (bukan islam).

Dengan membawa dalil-dalil tentang ancaman membenci apa yang Allah syariatkan, diantaranya, “Yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka benci kepada apa yang diturunkan Allah (Al-Quran) lalu Aallah menghapuskan (pahala-pahala) amal-amal mereka.” (QS Muhammad: 9)

BACA JUGA: Poligami, Ini Syaratnya

Atas dasar itu suami menyuruh istri agar mencintai dan mendukung ia untuk berpoligami. Itu sebenarnya hanya jurus andalan yang digunakan para lelaki yang ngebet poligami, tapi terganjal restu istri.

Lalu bagaimana hukumnya?

Salah satu hak istri terhadap suami ialah mendapatkan ilmu agama. Ali bin Abi Thalib berkata, “Ajarkanlah agama kepada keluarga kalian dan ajarkan pula adab-adab Islam.”

Sementara itu jika istri menolak poligami, ada kemungkinan istri belum paham betul agama atau memang istri tahu jika suaminya belum bisa bersikap adil.

Type orang itu ada dua. Ada yang benci sekali terhadap poligami mereka tidak paham. Ada juga orang yang menganggap remeh poligami sehingga mereka sembarangan. Padahal ini adalah hukum Allah.

BACA JUGA: MUI: Jangan Politisasi Poligami, Bisa Lukai Umat Islam!

“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilama kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi ; dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya” (An-Nisa/4 : 3)

Maka sudah jelas dalam ayat tersebut, jika poligami tidak bisa sembarang dilakukan dan harus bisa berlaku adil. Memberi nafkah lahir batin, memberikan ilmu agama dan hak istri lainnya. Poligami pun bila ditingkatkan berada di posisi paling tinggi. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.