jual bayi
Foto: merdeka.com

Polisi Amankan 2 Pelaku Penjual Bayi Lewat Facebook

Satuan Reserse Kriminal Polresta Kediri mengamankan seorang ibu dan perantara penjual bayi. Tersangka ialah Intan Ratna (20), warga Desa Wonosari, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri.

Ratna menjual bayinya seharga Rp 11 juta. Selain Ratna, Nofita Sari (28) warga Dusun Dadapan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri juga ikut diamankan polisi.

Dilansir dari merdeka.com, Nofita adalah perantara jual bayi. Modus yang mereka gunakan ialah adopsi anak di media sosial facebook grup dengan judul ‘Adopsi Bayi Sehat’. Ia ikut diamankan, namun karena tengah sakit, Nofita kini dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Kediri dengan penjagaan petugas.

Menurut hasil penelusuran Sat Reskrim, bayi itu dijual kepada Sunarsih, warga Kediri sesaat setelah proses persalinan di rumah sakit di wilayah Barat Sungai Brantas. Dari transaksi jual-beli senilai Rp 11 juta, ibu bayi laki-laki itu menerima Rp 5 juta, sedangkan Nofita, mendapat Rp 6 juta.

Intan mengatakan, karena butuh uang untuk biaya ke Kalimantan sehingga bisa bekerja di perusahaan kelapa sawit, ia tega menjual bayinya.

Menurut Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi mengatakan, terbongkarnya kasus penjual bayi ini bermula dari laporan salah satu keluarga korbann yang curiga melihat Intan pulang dari persalinan justru tidak membawa anak.

“Dari laporan ini akhirnya kita berhasil mengamankan pelaku,” kata AKBP Anthon Haryadi, Selasa (17/10).

Kedua tersangka dijerat pasal 83 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman tiga hingga 15 tahun dan denda paling banyak Rp 300 juta. “Kami masih mendalami untuk membongkar dugaan pelaku lain,” kata dia. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *