Unik, Informatif , Inspiratif

Polri Siap Bantu Kemenkominfo Usut Kasus Bocor Data Facebook

0

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Brigadir Jenderal Mohammad Iqbal menyatakan, Polri siap membantu Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) untuk mengusut kasus kebocoran data Facebook.

“Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri yang akan melaksanakan itu,” kata Iqbal saat dihubungi Republika, Ahad (8/4/2018) lansir Republika.

Di samping itu, Iqbal juga mengatakan, Kemenkominfo sendiri sudah menghubungi Polri untuk turun tangan dalam mengatasi isu kebocoran data pribadi Facebook. Polri pun menyatakan siap berkoordinasi terkait hal tersebut.

“Pada prinsipnya Polri ya mendukung Kominfo, Kominfo kan sudah menghubungi kami soal tersebut,” ucap Iqbal.

Permintaan Menkominfoberkaitan dengan kebocoran jutaan data Facebook asal Indonesia dalam skandal yang melibatkan lembaga konsultan politik Cambridge Analytica. Di seluruh dunia, diperkirakan tak kurang dari 87 juta data Facebook bocor.

Menindaklanjuti lanjuti hal tersebut Iqbal menyatakan, Polri sudah mulai berkoordinasi dengan Kominfo terkait kebocoran data itu. Di samping itu, Polri juga akan segera berkoordinasi dengan pihak lain, termasuk Facebook itu sendiri.

“Itu nanti ya, kita akan menyentuh itu, saat ini kita koordinasi dahulu, setelah koordinasi, kita akan melakukan penyelidikan,” ucap Iqbal.

Facebook bisa saja dikenai Pasal 30 UU ITE. Pasal itu mengatur tentang akses ilegal. Pasal tersebut menyatakan seseorang yang sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan atau sistem elektronik dengan cara apa pun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem keamanan, diancam pindana hingga delapan tahun. []


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline