penyakit vampir
Foto: Twilight Saga

Porfiria, Penyakit yang Bisa Buat Orang Seperti ‘Vampir’

Penyakit Porfiria adalah sekelompok gejala yang timbul saat proses pembentukan heme tidak berjalan sempurna. Heme merupakan bagian penting dari hemoglobin, yaitu protein pengantar oksigen dan pengikat zat besi dalam darah.

Penderita penyakit ini akan berperilaku seperti seorang ‘vampir’ karena dia akan berusaha mengindari sinar matahari. Satu dari 1 juta orang di dunia dilaporkan memiliki kondisi ini.

Ciri orang yang menderita penyakit ini berkulit pucat pasi bak mayat hidup, sebisa mungkin menghindari sinar matahari. Bahkan kulitnya bisa terbakar melepuh parah akibat matahari.

Para ahli menyebut porfiria sebagai kelainan genetik langka yang umumnya diwariskan dan tidak menular.

Porfiria secara khusus disebabkan oleh mutasi enzim perbaikan eksisi nukleotida. Saat berfungsi normal, enzim ini akan mengoreksi DNA kulit yang rusak akibat radiasi sinar UV. Mutasi menyebabkan enzim ini gagal bekerja sehingga kerusakan DNA menjadi permanen dan terakumulasi.

Dilansir dari Mayo Clinic, selain disebabkan karena adanya kelainan genetik, penyakit ini juga dipicu oleh beberapa faktor, meliputi:

Paparan sinar matahari

Obat-obatan tertentu, termasuk obat hormonal

Merokok

Sedang diet atau berpuasa

Konsumsi alkohol

Penggunaan obat-obatan terlarang

Stres

Sedangkan gejala penyalkit ini bisa berupa penyerangan sistem saraf maupun kulit, atau bisa juga keduanya, tergantung dari jenisnya. Gejala dari tiap jenis penyakit ini pun sangat bervariasi pada setiap orang tergantung dari tingkat keparahannya. Beberapa orang bahkan diketahui tidak menimbulkan gejala apapun. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *