Unik, Informatif , Inspiratif

Porsi Makan Durian yang Tidak Ganggu Kesehatan

0

DURIAN merupakan buah yang lezat namun memiliki bau yang menyengat. Namun bagi pecinta durian, bau durian sangat diminati. Durian dikenal sebagai buah dengan daging yang sangat lembut, maka tidak heran jika porsi makan durian pecinta durian susah diatur. 

Durian sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin B, C, E, mengandung zat besi, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, magnesium, potasium, karoten. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, buah durian bisa membahayakan kesehatan.

BACA JUGA: Durian Tanpa Rasa Begitu Menggoda

Lalu benarkah makan durian bisa menyebabkan kematian?

Pertanyaan ini muncul setelah ada berita seseorang meninggal dunia akibat makan durian dalam jumlah banyak.

Menurut Dokter Spesialis Gizi, dr. Samuel Oetoro, jika durian yang dipilih terlalu matang, ada kemungkinan meningkatkan tekanan darah.

“Durian yang terlalu matang mengalami fermentasi, wangi dan kadang timbulkan rasa pahit,” kata dr. Samuel mengutip BBC News.

Dokter Samuel menambahkan, durian yang terlalu matang sebabkan ‘thermogenesis’ atau proses meningkatnya suhu tubuh.

“Semakin matang, kandungan gulanya juga semakin tinggi,” tambahnya.

Durian yang terlalu matang itu menyebabkan metabolisme tubuh meningkat, membuat jantung bekerja lebih keras. Akibatnya, pembuluh darah yang sudah tipis ditambah peningkatan kerja jantung dapat menyebabkan pembuluh darah pecah.

Sedikitnya ada sebanyak lima persen dalam setahun kasus kematian yang diakibatkan oleh durian. Di balik kelezatan durian menyimpan efek yang mematikan. Sayangnya tidak semua masyarakat tahu akan bahaya dan efek samping dari durian.

Lalu berapakah porsi makan durian yang tepat agar tidak mengganggu kesehatan?

Dalam ulasan durian di healthxchange.sg rata-rata dalam 1kg durian terdapat 1.350 kalori, atau 68% kalori dari 2.000 kalori yang dibutuhkan rata-rata orang dewasa tiap hari. Satu bijinya mengandung sekitar 40 sampai 54 kalori.

BACA JUGA: Durian Juga Baik Untuk Kesehatan Lho..

Porsi makan durian yang dianjurkan untuk orang normal adalah 100 – 200 gram sekali makan, dan sekitar 60 gram untuk penderita penyakit diabetes.

“Tubuh kita ini kalau dimasukkan satu jenis makanan tidak boleh berlebihan, harus ada kombinasinya,” kata dr. Samuel.

Dirinya juga mengungkapkan karena porsi setiap orang berbeda, maka tips untuk tetap mengonsumsi durian adalah dengan memilih durian yang tidak mengeluarkan aropa terlalu tajam dan tidak terasa pahit.

“Paling penting adalah, jika sudah terasa kenyang harus berhenti,” imbuhnya. []

SUMBER: BBC


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline