muslim dan rabi boncengan sepeda
Foto: Detik

Potret Imam dan Rabi Boncengan Sepeda di Kota Berlin

Komunitas Muslim dan warga Yahudi yang berada di Berlin menaiki sepeda tandem untuk memprotes meningkatnya kekerasan anti-semitisme dan Islamofobia. Aksi ini juga sebagai protes atas masalah migrasi di Jerman dan bangkitnya partai ultra-nasionalis AfD.

Berjumlah sekitar 50 orang, warga Berlin, khususnya Muslim dan Yahudi, mengendarai sepeda tandem, Minggu (24/6/18). Ini sebagai bentuk penyatuan sikap melawan kekerasan anti-semitisme dan anti-Muslim.

BACA JUGA: Mohamed Salah dan Jembatan Islamophobia di Inggris

Para pengendara sepeda – di antara mereka para rabi dan imam – menempuh rute dari monumen Holocaust Berlin ke Bebelplatz, di mana rezim Nazi memerintahkan pembakaran sekitar 20.000 buku pada tahun 1933. Orang-orang Kristen dan non-agama serta politisi Berlin juga ikut serta dalam aksi ini.

“Kami, para imam dan rabi, harus memberi contoh yang baik,” kata Ender Cetin, seorang imam di Berlin. Dia mengatakan, dengan bekerja sama dengan rabi dan anggota komunitas Yahudi lainnya “kami mengirim sinyal kepada komunitas Muslim bahwa kami tidak akan mentolerir anti-semitisme.”

BACA JUGA: Islamofobia, Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Rasulullah s.a.w

Rabi Elias Dray, yang mengendarai sepeda tandem bersama Cetin, menambahkan bahwa sangat penting untuk tidak membiarkan kaum populis memisahkan masyarakat. Dray dan Cetin secara teratur mengunjungi sekolah-sekolah di Berlin untuk mengajarkan murid-murid tentang toleransi beragama.

Bersamaan dengan kebangkitan partai anti migran AfD yang berhasil mengumpulkan 12,6 persen suara dalam pemilihan nasional tahun lalu, tercatat adanya peningkatan serangan terhadap Muslim dan Yahudi di Jerman. Beberapa orang telah diserang karena mengenakan kippah – atau yarmulke – sebagian karena memakai jilbab. []

SUMBER: DETIK


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *