Unik, Informatif , Inspiratif

Presiden Tegaskan Indonesia Netral atas Krisis Venezuela

0

Presiden RI Joko Widodo menegaskan posisi Indonesia agar tidak intervensi terkait kondisi Venezuela.

Jokowi menyampaikan, pernyataan ini saat berbincang dengan Duta Besar Republik Bolivarian Venezuela untuk Indonesia Radames Jesus Gonez Azuaje usai menyerahkan surat kepercayaan di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (13/2/2019).

BACA JUGA: Krisis Venezuela “Bangkitkan” Para Bajak Laut

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang mendampingi Jokowi saat berbincang, mengatakan Indonesia selalu menghormati prinsip tidak melakukan intervensi.

“Presiden RI berharap agar dialog penyelesaian politik dapat segera dilakukan,” kata Retno Marsudi di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (13/2/2019).

Presiden juga kata dia menginginkan agar Pemerintah Venezuela untuk memberikan perhatian penuh mengenai masalah kemanusiaan dan kesejahteraan masyarakat Venezuela.

“Indonesia juga menyampaikan bahwa jutaan orang keluar dari Venezuela itu berarti memerlukan perhatian,” kata Retno Marsudi di Istana Negara, Jakarta.

BACA JUGA: Amerika Latin Serukan Bantuan bagi Imigran Venezuela

Sebelumnya, Venezuela telah diguncang gelombang protes sejak 10 Januari, ketika Presiden Nicolas Maduro dilantik untuk masa jabatan kedua.

Ketegangan pun meningkat saat Presiden Majelis Nasional Venezuela Juan Guaido mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara pada 23 Januari, yang didukung oleh negara-negara Eropa dan Amerika Latin.

Sementara itu, Rusia, Turki, China, Iran, Bolivia, dan Meksiko menyatakan dukungan untuk Maduro. []

SUMBER: ANADOLU INDONESIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.