Foto: AFP

Presiden Zimbabwe Tidur di Konferensi Internasional, Benarkah?

INSPIRADATA. Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menjadi pembicaraan publik, setelah tertangkap kamera memejamkan matanya di konferensi internasional. Benarkah ia tertidur?

Namun, Juru bicara sang presiden zimbabwe George Charamba mengatakan, “Presiden Mugabe hanya mengistirahatkan matanya.”

Seperti dilansir AFP, Jumat (12/05/2017), Charamba mengklaim bahwa sang presiden memiliki kondisi medis yang membuat matanya tidak bisa dihadapkan dengan cahaya terang.

“Saya merasa gagal saat ada tulisan mengenai presiden tertidur dalam konferensi,” ujar Charamba. Ia menyatakan hal tersebut setelah Mugade dikabarkan berada di Singapura untuk menjalani perawatan mata.

“Di usia 93 tahun, ada sesuatu yang terjadi pada matanya dan presiden tidak tahan dengan cahaya terang. Jika Anda memerhatikan ketenangannya, dia melihat ke bawah, menghindari pencahayaan langsung.”

Charamba menyamakan Presiden Zimbabwe kali ini dengan Nelson Mandela, yang matanya sangat sensitif terhadap lampu kilat kamera setelah bertahun-tahun bekerja di tambang batu kapur saat dipenjara di Pulau Robben.

Kabar ini menyeruak setelah muncul foto-foto yang memperlihatkan Mugabe tampak tertidur di pertemuan World Economic Forum yang diadakan pada bulan ini di Afrika Selatan.

Guardian melaporkan ini bukan pertama kalinya presiden berusia 93 tahun itu ketahuan tertidur. Robert Mugabe juga pernah tertangkap kamera sedang tertidur ketika menghadiri parade hari peringatan kemerdekaan ke-60 Ghana pada Maret 2017. []

Sumber: Tempo


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *