Unik, Informatif , Inspiratif

Proyek Pembangunan Jembatan Trans Papua Dihentikan Sementara

0 224

Pengerjaan pembangunan seluruh jembatan di proyek Trans Papua dihentikan sementara. Hal ini diputuskan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyusul kejadian peyerangan sejumlah pekerja proyek tersebut oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Sabtu (01/12/18) lalu.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pengerjaan proyek tersebut dihentikan sementara hingga situasi lebih kondusif.

BACA JUGA: 31 Pekerja Proyek Trans Papua Tewas Ditembaki saat Bangun Jembatan

“Dengan kejadian itu seluruh pekerjaan (jembatan) kita hentikan, dari Mumugu sampai ke Wamena sampai menunggu wilayah kondusif sesuai instruksi Pangdam dan Kapolda,” kata Basuki, Selasa (04/12/18).

Basuki menyampaikan bahwa pihaknya sudah bertemu dengan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto untuk berkoordinasi. Pihak TNI sendiri dikatakan sudah mengirim pasukan ke Papua untuk mengecek situasi terkini.

Sampai saat ini, jumlah korban tewas dalam peristiwa penyerangan tersebut masih simpang siur. Informasi yang beredar tentang jumlah korban tewas ada yang mengatakan 21,24, dan 31 orang.

BACA JUGA: Jalan Diblokade, Petugas Sulit Masuki Lokasi Penembakan di Papua

“Beliau (Panglima TNI) mengirim pasukan dan menunggu laporan yang pasti terkait korbannya, Nanti malam saya juga akan ke Wamena, kita akan lihat kondisi dan mengevakuasi,” kata Basuki.

Basuki juga membenarkan tentang lokasi peristiwa penyerangan di dua titik jembatan Segmen 5 Trans Papua. Jumlah jembatan yang dibangun di wilayah tersebut adalah sebanyak 14 unit oleh PT Istaka Karya.

“Istaka sebetulnya akan bangun 14 jembatan, 11 yang sedang dikerjakan, dua ini (lokasi kejadian termasuk yang 11),” jelas Basuki.

BACA JUGA: Dianggap Lebay karena Pilih Membusuk di Penjara, Habib Bahar: Biar Saja

Sebelumnya, besar dugaan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang para pekerja akibat marah lantaran ada salah satu pekerja proyek tersebut yang memotret upacara HUT OPM pada Sabtu (01/12/18). []

SUMBER: VIVA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline