makanan untuk wanita
Foto: FreeImages.com

Puasa dan Manfaat Sehat Ilmiahnya

Setiap hal yang didasari dengan perintah Allah, Rasul-Nya dan Islam pasti memiliki dampak besar bagi kehidupan pelakunya. Salah satunya puasa.

Puasa punya hikmah yang amat bermanfaat bagi tubuh. Satu dari sekian banyaknya bikin sehat. Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu’aim, “Berpuasalah maka kamu akan sehat.”

Dari tinjauan medis, ketika berpuasa, terjadi peningkatan alpa protein, kolesterol HDL (High-density Lipoprotein) atau lemak baik dan penurunan kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) atau lemak jahat. Hal tersebut karena jumlah makanan yang masuk ke dalam perut dalam keadaan terkendali.

Saat puaas, terjadi pola makan yang dari tadinya tiga kali, menjadi dua kali. Karena mengurangi jumlah konsumsi sumber kolesterol seperti camilan, junk food dan gorengan.

James Gomez dalam penelitiannya, Fasting Reduces Cholesterol Levels in Prediabetic People Over Extended Period of Time, New Research Finds yang dipresentasikan pada American Diabetes Association Scientific Sessions pada 2014 menemukan bahwa pada pasien-pasien dengan gejala diabetes biasanya dianjurkan melakukan perubahan pola hidup sehat berupa olahraga dan pengaturan makan yang baik.

Di lain penelitian, pasien-pasien pradiebetes yang melakukan kegiatan puasa secara periodik, proses biologi tubuh yang berpuasa dapat menurunkan berat badan, sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes dan risiko penyakit kardiovaskular. []

Referensi: dr. Faza Khilwan Amna, MMR., dr. Hendri Okarisman. Tau Gak Sih Islam itu Sehat?: 60 Obrolan Ringan tentang Kesehatan. Solo: Aqwam. 2015


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *