Puasa: Dari Radang Sendi hingga Mental

0

Seribu satu khasiat puasa tak boleh memalingkan kita dari niat utama, taqwa kepada Allah. Khasiat dan dampak puasa hanya bonus dari-Nya!

Bukan hanya organ pencernaan, kita perlu tahu pula bahwa puasa dapat memperbaiki penyakit radang sendi (reumathoid arthritis).

J Kjeldsen (1991) melakukan penelitian dengan hasil karya berjudul Controlled trial of fasting and one-year vegetarian diet in rheumatoid arthritis, menyimpulkan bahwa pada para pasien dengan puasa dan diikuti dengan diet makanan sehat, dapat menjadi terapi atau pengobatan yang efektif bagi para pasien reumathoid arthritis atau radang sendi.

BACA JUGA: Bolehkah Buka Puasa dengan Kopi?

Hal serupa dibuktikan Skoldstam L, dengan penelitian berjudul Effect of fasting and lactovegetarian diet on rheumatoid arthritis, disimpulkan bahwa puasa dapat menghasilkan perbaikan subyektif dan obyektif dalam pengobatan reumathoid arthritis atau radang sendi meski dengan durasi pendek.

Selain fisik, peuasa pun berperan dalam meningkatkan kesejatan mental. Dengan puasa, kita belajar menahan diri dari segala keinginan dan amarah. Berserah diri kepada Allah membuat hormon kortisol sebagai hormon kecemasan dalam tubuh akan berkurang.

Stres, cemas, hingga kekecewaan akan dapat terhindarkan.

Maka, nikmat mana lagi dari Allah yang akan kita dustakan. Maka sebab apa lagi yang akan mencegah kita untuk berpuasa, selama masih dalam batas syar’i!

Referensi: Tahu Gak Sih Islam itu Sehat?: 60 Obrolan Ringan tentang Kesehatan bersama dr. Abu.

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline