Referendum Katalunya (foto: la vanguardia)

Puigdemont: Referendum Katalunya Punya Kekuatan Hukum

Pemimpin Katalunya Carles Puigdemont menegaskan, kalau hasil referendum itu sudah memiliki kekuatan hukum. Referendum, kata dia, ada dalam undang-undang begitu juga hasilnya.

“Kami tidak mengadakan kemerdekaan secara sepihak, jadi kami tetap akan melakukan apa yang hukum katakan,” kata Carles Puigdemont, Senin (09/10/2017) lansir Express.

Seperti diketahui, Uni Eropa enggan mengakui hasil referendum dan mengakui konstitusi Spanyol. Katalunya lantas bergerak dengan menyatakan kesiapannya mendaftar ulang sebagai anggota uni eropa.

Pemerintahan Katalunya dengan tegas tetap akan mendeklarasikan kemerdekaan di tengah tekanan Spanyol dan Uni Eropa. Meski belakangan, keputusan itu juga diprotes warga Katalunya yang menolak pemisahan diri.

Kekhawatiran meningkat di kalangan Uni Eropa terkait dampak dari ekonomi menyusul kemerdekaan Katalunya. Krisis tersebut ditakutkan juga berdampak pada kondisi ekonomi negara lainnya di Eropa mengingat Spanyol merupakan penyumbang ekonomi terbesar keempat di kawasan tersebut.

Sumber: Express | Republika


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *