Unik, Informatif , Inspiratif

Pulau Lombok Diguncang 127 Kali Gempa

0

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa hingga Senin (6/8/2018) pagi, gempa susulan yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat sudah mencapai sekitar 127.

“Gempa Bumi Lombok magnitudo 7 sampai pukul 07.00 WIB tercatat sebanyak 127 gempa bumi susulan,” demikian keterangan resmi yang diperoleh dari BMKG.

Sebelumnya diberitakan, gempa mengguncang Lombok dan sekitarnya pada Minggu (5/8/2018) malam sekitar pukul 18.46 WIB.

BACA JUGA: Akibat Gempa Lombok, 82 Orang Meninggal Dunia

Akibat gempa tersebut, BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami, namun kemudian dicabut. Pasca-gempa berkekuatan 7 magnitudo, sejumlah gempa susulan sempat terjadi.

Gempa ini terjadi kurang lebih sepekan setelah gempa yang mengguncang wilayah NTB pada 29 Juli 2018. Saat itu, pusat gempa berada di Lombok Utara.

BACA JUGA: Tetap Shalat di Tengah Gempa, Video Imam Ini Viral

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers mengatakan, gempa bumi bermagnitudo 7 yang berpusat di lereng Gunung Rinjani, NTB, merupakan gempa bumi utama (main shock) dari rangkaian gempa terdahulu.

“Mengingat pusat gempanya sama dengan gempa bumi yang terjadi tanggal 29 Juli 2018 lalu maka BMKG menyatakan gempa bumi ini merupakan gempa bumi utama, atau main shock dari rangkaian gempa bumi yang terjadi sebelumnya,” kata Dwikorita dalam konferensi pers di gedung BMKG, Jakarta, Minggu (5/8/2018) malam. []

SUMBER: TRIBUNNEWS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.