Unik, Informatif , Inspiratif

Puncak Populasi China pada 2029 Capai 1,44 Miliar Jiwa

0

Hingga kini, Cina menduduki posisi pertama negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Namun tetap saja laporan terbaru tentang peningkatan populasi China membuat banyak kalangan cemas.

Sebuah laporan pemerintah China menyebutkan bahwa populasi China akan mencapai puncaknya pada tahun 2029 sebesar 1,44 miliar jiwa. Setelah itu populasi akan mulai mengalami periode penurunan `tak terhentikan.

Kedua perubahan tersebut dapat menyebabkan “konsekuensi soal dan ekonomi yang sangat tidak menguntungkan,” tulis laporan tersebut.

BACA JUGA: Mengapa Negara Muslim Kurang Mengecam Pelanggaran HAM China Atas Uighur?

Meski ada ramalan demografi ini, Pada 2015 lalu, negara ini mengakhiri kebijakan satu anak, dan mengizinkan pasangan suami istri memiliki dua anak.

Penelitian kependudukan ini muncul dalam Buku Hijau Penduduk dan Tenaga Kerja yang diterbitkan oleh CASS.

Dalam laporan itu disebutkan Jumlah populasi yang bekerja sekarang mandek, , sementara tingkat kesuburan yang rendah akan menyebabkan masalah lebih lanjut.

Pada pertengahan abad ini, populasi di Cina diperkirakan akan turun menjadi 1,36 miliar – dengan penurunan jumlah tenaga kerja mendekati 200 juta penduduk.

BACA JUGA: Bank Central China Peringatkan Tolak Uang Tunai adalah Ilegal

Jika tingkat kesuburan tetap rendah, populasi bisa turun serendah 1,17 miliar pada tahun 2065.

Studi ini juga memperkirakan kenaikan tingkat ketergantungan, yang berarti proporsi orang yang tidak bekerja seperti orang tua dan anak-anak semakin banyak.

Laporan itu menjelaskan bahwa walaupun pelonggaran kebijakan satu anak akan membantu menyelesaikan masalah ini secara jangka panjang, namun dalam jangka pendek itu akan menciptakan lebih banyak tanggungan,.
Perkiraan sebelumnya menunjukkan populasi lansia Cina bisa mencapai 400 juta pada 2035, naik 240 juta ketimbang tahun 2017.[]

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline