foto: thenational

Putera Raja Salman Jadi Pewaris Kerajaan Utama Arab Saudi

INSPIRADATA. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud secara resmi mengumumkan putra kandungnya, Mohammed bin Salman dinobatkan sebagai putera mahkota serta pewaris utama kerajaan.

Saudi Press Agency sebagai kantor berita resmi Arab Saudi melaporkan, Mohammed bin Salman dipilih oleh 31 dari 43 anggota komite pewaris kerajaan selama pertemuan di Istana Al Safa, Makkah, Rabu (21/06/2017) dini hari.

Mohammed bin Salman yang sebelumnya menjabat sebagai wakil putera mahkota menggantikan posisi Mohammed bin Nayef yang diberhentikan dari jabatannya baru-baru ini.

Selain dilucuti dari status pewaris utama Kerajaan Saudi, Nayef juga diberhentikan dari posisinya sebagai menteri dalam negeri dan digantikan oleh Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Naif.

Seperti yang dilansir Al Jazeera, 21 Juni 2017, menurut dekrit kerajaan, Mohammed bin Salman, 31 tahun, turut dilantik sebagai wakil perdana menteri. Sementara jabatannya sebagai menteri pertahanan yang diemban sejak 2014 tetap dipertahankan.

Mohammed bin Salman telah mengambil peran sentral dalam upaya Arab Saudi untuk membangun ekonominya di luar industri minyak. Dia memegang tanggung jawab utama untuk sektor militer dan energi kerajaan.

Mohammed bin Salman sedikit diketahui orang Saudi dan orang luar sebelum Salman menjadi raja pada Januari 2015. Dia sebelumnya bertugas di istana ayahnya ketika Raja Salman masih berstatus putra mahkota. []

Sumber: Saudi Press Agency | Al Jazeera | Tempo


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *