Puting Terasa Gatal? Atasi dengan Cara Ini

0

Puting yang terasa gatal disebabkan oleh banyak faktor. Ada yang sifatnya ringan, ada pula yang parah dan perlu penanganan serius. Rasa gatal pada puting bisa terjadi pada siapapun. Jika Anda mengalami hal ini, usahakanlah untuk tidak menggaruknya. Karena menggaruk puting malah bisa membuat kondisinya semakin gatal dan iritasi.

Penyebab puting yang gatal di antaranya adalah keringnya kulit di bagian sekitar puting, kondisi hamil yang membuat area payudara meregang hingga muncul rasa gatal, eksim, gesekan dengan pakaian, bahkan bisa juga diakibatkan oleh kanker.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi puting yang gatal:

1. Minum air putih
Rutin minum air putih dengan jumlah yang sesuai dapat membuat kelembapan kulit di sekitar puting Anda terjaga. Dengan demikian, kondisi puting gatal yang diakibatkan oleh kulit kering di bagian tersebut bisa diatasi.

2. Mengoleskan pelembab
Rutinlah mengoleskan pelembap, seperti cocoa butter, minyak zaitun, dan aloe vera untuk menjaga kelembapan kulit dan mengurangi gatal.

3. Oleskan petroleum jelly
Petroleum Jelly merupakan pelembab yang terbuat dari campuran mineral oil, paraffin dan hidrokarbon yang cukup efektif mengurangi gatal pada puting, membantu menjaga area payudara tetap terhidrasi, sehingga mengurangi kekeringan pada kulit.

4 . Salep emolien dan kortikosteroid
Bila puting payudara yang terasa gatal diakibatkan oleh eksim, maka perlu diatasi dengan salep yang mengandung emolien dan kortikosteroid. Pastikan juga menjaga area payudara tetap lembap dan menghindari produk-produk yang berisiko membuat iritasi kulit, seperti sabun yang mengandung deterjen dan pewangi.

5. Gunakan bra yang tepat
Pastikan Anda memilih bra yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda, terutama bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Pemilihan bra yang tepat membuat aliran udara menjadi lancar dan menghindari gatal pada puting. Pilihlah bra berbahan katun dan hindari penggunaan sabun berbahan keras saat membersihkannya .

6. Menggunakan pakaian yang tepat
Pemilihan pakaian juga bisa memengaruh pada kondisi puting yang gatal. Pilihlah baju berbahan lembut, longgar, dan berbahan katun agar menyerap keringat.

7. Periksakan ke dokter
Jika rasa gatal pada puting berlangsung lebih dari tiga hari, maka Anda disarankan untuk segera pergi ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut. Terutama bila gatal pada puting yang disertai dengan demam, nyeri dan puting keluar darah dan terjadi perubahan pada kulit. []

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline