Balinese man headed for the market in Ubud

Ketenangan Jiwa, Rahasia Awet Muda

Balinese man headed for the market in Ubud

INSPIRADATA. Ada sebuah rahasia yang terungkap dalam jajak pendapat dalam suatu program koordinasi kesehatan untuk para lansia yang diselenggarakan oleh GfK Roper Public Affairs & Media beberapa tahun lalu. Rahasia itu adalah tentang bagaimana para lansia bisa tetap sehat hingga usia mereka mencapai lebih dari seratus tahun. 

Dalam jajak pendapat tersebut, salah satu tips yang paling dianjurkan adalah interaksi sosial, menjalin kedekatan dengan keluarga dan teman, menjaga otak agar tetap beraktifitas, serta  hati yang bahagia. dengan kata lain, “Jangan berhenti berpikir. selamanya,” Begitulah yang dikatakan Maurice Eisman, lansia berusia 102 tahun yang mengikuti jajak pendapat tersebut.

Jadi, rahasia besar awet muda yang terungkap pada saat itu pada hakikatnya adalah tentang bagaimana seseorang dapat memelihara ketenangan jiwa dan batinnya. sebab, ketenagna jiwa dan batin merupakan cara yang sempurna untuk menjalani hidup. itu adalah obat stress yang paling mujarab.

“Saya kira hal yang paling buruk adalah stress dan anda dapat menghindarinya dengan cara mengatur kehidupan anda,” Tegas Eisman menyimpulkan.

Bagaimana caranya agar ketenangan jiwa yang menjauhkan kita dari stress itu bisa tercipta?

Jawaban paling relevan terkait ketenangan jiwa tentu saja adalah kedekatan dengan Allah. Berikut ini beberapa sikap yang bisa kita terapkan untuk memperoleh ketenangan batin tersebut:

Senantiasa berada di jalan yang benar, bersikap murah hati, tidak menyimpan dendam dan iri hati. Tidak lupa senantiasa bersyukur kepada Allah.

Jika kita ingin hidup tenang dan bahagia maka biarkan juga orang lain menikmati ketenangan dan kebahagiaannya. Jangan sampai sikap kita mengganggu ketengan hidup orang lain.

Senantiasa berbuat baik dan berama shaleh. Dengan demikian, bukan hanya pahaa dari Alah yang kita dapatkan, melainkan juga kebaikan dari orang-orang di sekitar kita.

Jadi, keseimbangan kedekatan kita dengan Alah dan interaksi sosial kita dengan sesama manusia sangat menunjang terciptanya ketenagan jiwa yang berimbas pada kesehatan dan bisa membuat kita awet muda.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *