tidur miring, Rahasia Dibalik Anjuran Tidur yang Disunahkan Rasul
Unik, Informatif , Inspiratif

Rahasia Dibalik Anjuran Tidur yang Disunahkan Rasul

0
tidur miring, Rahasia Dibalik Anjuran Tidur yang Disunahkan Rasul
foto: Chiropractic – On Main

INSPIRADATA. Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk tidur dengan posisi miring atau menghadap ke kanan.

Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi mengajarkan agar kita berbaring atau tidur di atas rusuk sebelah kanan, yang berarti posisi miring ke kanan. Rahasia dibaik anjuran tidur ini berhasil diugkapkan oleh para ilmuan.

Dilansir dari berbagai sumber, menurut ilmuwan, tidur dengan posisi menghadap ke kanan itu memberikan manfaat untuk tubuh.  Salah satunya kesehatan jantung dan pencernaan.

Dr. Zafir al-Attar, seorang peneliti dari Australia, menjelaskan bahwa pada saat manusia tidur dalam posisi miring ke kanan, jantung hanya akan terbebani oleh paru-paru kiri yang berukuran kecil. Posisi ini juga menempatkan hati pada posisi yang stabil.

Penelitian menunjukkan saat manusia tidur dengan menyamping ke kanan, makanan akan mampu dicerna oleh usus dalam waktu 2,5 hingga 4,5 jam. Akan tetapi, dalam posisi tidur yang lain, makanan akan selesai dicerna setelah 5 hingga 8 jam.

Pencernaan lancar, tentu saja akan memperlancar buang air besar. Bila tubuh miring ke sebelah kanan, maka proses pengisian usus besar sebelum anus akan lebih cepat penuh. Hal ini dapat merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga merangsang keinginan untuk buang air besar.

Selain itu, dengan tidur menghadap ke kanan, lambung juga dapat beristirahat. Dalam tubuh manusia, lambung berbentuk tabung yang memiliki lubang menuju usus di bagian kanan bawah. Jika tidur dengan posisi ke kiri, maka proses pencernaan yang bersifat asam akan terganggu. Selain itu, tidur miring ke kiri dapat menyebabkan cairan usus yang bersifat basa, masuk kembali ke lambung.

Dijelaskan pula bila seseorang tidur menyamping ke kiri, maka ini tidak baik untuk kesehatan, terutama organ jantung. Posisi tidur semacam ini, maka paru-paru sebelah kanan, yang berukuran besar akan menekan ke arah paru-paru. Ini berpengaruh terhadap kinerja jantung, khususnya mereka yang berusia lanjut.

Setelah mengetahui banyak manfaat yang akan didapatkan ketika tidur dengan posisi miring ke kanan, maka alangkah lebih baik jika kita mengikuti sunah Rasulullah. Selain tidur menjadi lebih nyenyak, kesehatan badan pun terus terjaga dengan baik.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.