Rahasia Menulis Kang Abik (Habiburrahman El-Shirazy) [1]

INSPIRADATA. Novelis terkemuka Indonesia Habiburrahman El Shirazy atau yang lebih akrab disapa Kang Abik, menggelar bedah buku novel terbarunya Bidadari Bermata Bening di Islamic Book Fair (IBF) 2017. Di sela pembahasan novel tersebut, ternyata banyak ditambahkan rahasia-rahasia menulis novelnya.

Antusiasme pembaca yang ingin berkomunikasi langsung dengan Kang Abik tumpah ruah sampai memenuhi area depan panggung utama IBF di Jakarta Convention Center (JCC). Terlebih saat sesi tanya jawab, yang tidak jarang membuat pembaca sampai berebut demi bisa bertanya ke Kang Abik.

Mulai dari inspirasi sampai imanjinasi, semuanya berebut mengangkat tangan sesaat setelah moderator membuka sesi tanya jawab. Namun, serba-serbi tentang menulis novel malah mendominasi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pembaca baik anak-anak, ramaja sampai bapak-bapak.

Sedikit berbedanya tema novel Bidadari Bermata Bening dari novel-novel lain, ternyata mengunggah rasa ingin tahu pembaca tentang tujuan karya Kang Abik tersebut. Ternyata, jawaban Kang Abik tampak mengundang kekaguman dari para penonton, karena alasan utamanya tetaplah dakwah.

Menurut Kang Abik, Aina Mardhiyah, tokoh utama dari novel tersebut, telah melakukan dakwah lewat prestasinya. Maka itu, saat menjawab ia turut berpesan kalau dakwah itu bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja, terutama melalui prestasi sebagai dakwah terbaik.

“Cara terbaik berdakwah itu dengan berprestasi, ada orang berjilbab itu sudah berdakwah, nah Aina melakukan itu,” kata Kang Abik, Sabtu (06/05/2017), lansir Republika. []

Lanjut artikel Kang Abik [2] dan [3]


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *