target di bulan ramadhan
Foto: WallpaperStock

Raih Dahsyatnya Pahala Ramadhan dengan Targetkan 6 Hal Ini

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti dan dirindukan bagi umat Muslim. Kemuliaan dan keberkahan sangat berlimpah pada bulan Ramadhan ini. Sehingga bulan ini bisa disebut juga sebagai bulan yang istimewa. Bahkan saking istimewanya, kalau boleh meminta Ramadhan inginnya hadir sepanjang waktu.

Limpahan rahmat yang bertebaran di bulan puasa ini, membuat setiap Muslim berlomba-lomba meraih keberkahan. Betapa merugi apabila seseorang tidak bisa mendapatkan dan mengoptimalkan bulan Ramadhan dengan sebaik mungkin. Apalagi akan sangat merugi jika seseorang tidak mendapat apa-apa kecuali haus dan lapar.

“Beberapa banyak orang yang berpuasa namun ia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan dahaga,” (HR Bukhari dan Muslim).

Salah satu cara untuk bisa mengoptimalkan bulan Ramadhan, yakni dengan mendaftar target pada bulan istimewa tersebut. Sebelum memasuki bulan yang penuh berkah ini, seseorang bisa menulis hal apa saja untuk meningkatkan kualitas Ramadhan kali ini.

Apakah Anda sudah menentukan targetan apa yang ingin dicapai pada bulan Ramadan ini? Jika bingung, berikut ada beberapa targetan yang bisa menjadi inspirasi, di antaranya:

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

1. Puasa penuh satu bulan

Anda bisa mulai menargetkan untuk bisa berpuasa penuh—selain masa haid—selama bulan Ramadan ini. Untuk mencapai target tersebut hal yang harus Anda persiapkan adalah kesehatan. Menjaga asupan gizi saat berbuka dan sahur memang menjadi dua hal yang harus selalu diperhatikan agar saat menjalankan puasa badan kondisi badan tetap terjaga.

2. Rutinkan shalat Tarawih

Meskipun shalat Tarawih termasuk ibadah sunnah, namun shalat Tarawih merupakan ibadah sunnah paling utama selama bulan Ramadhan.

“Barangsiapa yang shalat (tarawih) bersama imam sampai selesai, maka akan dicatat baginya (pahala) shalat sepanjang malam,” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi, dan ia berkata hadits hasan shahih).

3. Shalat-shalat sunnah

Selain shalat tarawih, rutinkan juga melaksanakan shalat-shalat sunnah seperti shalat sunnah rawatib, dhuha dan shalat tahajjud selama Ramadhan.

4. Khatam Al-Qur’an

Salah satu riwayat menyebutkan bahwa Jibril turun pada bulan Ramadhan pada orang-orang yang membaca Al-Qur’an. Itu sebabnya membaca Al-Qur’an pada bulan Ramadhan menjadi sangat istimewa.

“Rasulullah adalah orang yang paling dermawan dan lebih akan dermawan lagi di bulan Ramadhan ketika Jibril menemuinya pada setiap malam, lalu saling membacakan Al-Qur’an dengannya,” (HR. Al-Bukhari).

5. Memberi makan berbuka bagi orang yang berpuasa

“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun,” (HR. At-Tirmidzi)

6. Meningkatkan Infaq dan Sedekah

Rasulullah ﷺ pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab, “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.” (HR.Tirmidzi). [] [bs_smart_list_pack_end][/bs_smart_list_pack_end]

Sumber: hijabersworld.com


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *