tembakan di istana arab saudi
Foto: CNN.com

Raja Salman Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Institut di Rusia

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menerima gelar doktor kehormatan dari Moscow State Institute of International Relation (MGIMO) di Rusia.

Gelar tersebut diberikan untuk menghormati perannya dalam memromosikan perdamaian, stabilitas, serta memperkuat hubungan bilateral Saudi-Rusia.

“Saya merasa terhormat hari ini bersama ilmuwan-ilmuwan Federasi Rusia dan saya ingin menyampaikan penghargaan kepada institut tersebut (MGIMO) karena telah memberi saya gelar doktor ini,” ungkap Raja Salman dalam pidatonya, Ahad (08/10/2017) lansir laman Asharq Al-Awsat.

Pada kesempatan tersebut, Raja Salman juga menekankan tentang pentingnya sains dan pengetahuan. Menurutnya, kedua hal itu adalah dasar kebangkitan bangsa-bangsa.

“Kami dengan bangga memuji usaha bangsa Islam dalam berbagai bidang sains. Di Kerajaan (Arab Saudi), kita memberi banyak kepentingan untuk meningkatkan generasi baru yang mampu menghadapi tantangan saat ini,” ujar Raja Salman.

Raja berharap, lembaga-lembaga pengetahuan dari Saudi dan Rusia bisa saling bekerja sama dan memberikan kontribusinya kepada dunia. “Saya meminta universitas dan lembaga ilmiah di kedua negara untuk berkomunikasi dan bekerja sama untuk melayani orang-orang Rusia dan Saudi, serta seluruh dunia,” ucapnya.

MGIMO merupakan salah satu institusi pendidikan terpenting di Rusia. Institusi ini dikenal dunia di bidang diplomatik dan hubungan internasional. Mantan menteri luar negeri Amerika Serikat Henry Kissinger pernah menjuluki MGIMO sebagai “Harvard of Russia”. Hal ini karena MGIMO mendidik banyak elit politik, ekonomi, dan intelektual Rusia.

Pada 2016, MGIMO pernah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Institute Saud Al-Faisal untuk Studi Diplomatik di Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. []

Sumber: Asharq Al-Awsat | Republika


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *