Foto: Elfagr

Ramadhan dan Tiga Keutamaannya

Ramadhan menjadi momentum untuk menempa dan meningkatkan diri. Amalan-amalan sunnah, dan keutamaan lainnya menjadi sarana mendekatkan diri kepada Tuhan.

Pada intinya, kita berlomba-lomba meningkatkan ibadah, mengekspresikan semangat keagamaan, untuk berdekatan dengan Tuhan.

Berikut adalah tiga keutamaan Ramadhan sebagaimana dijelaskan sumber ajaran Islam dan penjelasan ulama:

Rahmat

Sepuluh hari pertama Ramadhan dikenal dengan bulan kasih sayang. Allah melimpahkan berbagai rahmatnya untuk umat. Mereka disarankan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bermunajat, menyampaikan berbagai impian dan harapannya saat beribadah.

Ampunan

Allah membuka pintu ampunan pada bulan ini. Pada sepuluh malam kedua, umat disarankan untuk memanfaatkan Ramadhan untuk bertobat: mengakui dan menyesali berbagai dosa yang sudah dilakukan.Kemudian berkomitmen untuk tidak mengulanginya.

Pembebasan dari Api Neraka

Ini adalah sepuluh malam akhir Ramadhan. Dengan memaksimalkan ibadah pada waktu itu, Muslim akan terbebas dari api neraka. Alim bernama Sofyan Sauri sebagaimana dijelaskan dalam kitab Lathaiful Ma’arif sangat menyukai waktu tersebut. Dia akan menghabiskan waktu untuk qiyamullail. []

Sumber: Republika


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *