dampak rokok bagi kulit
Foto: Public Domain Pictures

Ramadhan, Momen Tobatnya Para Perokok?

Ramadhan mewajibkan orang Muslim baligh untuk menaklukan hawa nafsu, mengurangi aktivitas makan dan minum, begitu pula dengan hubungan intim. Semua aktivitas yang memanjakan nafsu, dikekang oleh puasa. Bagaimana dengan merokok?

Sejatinya Ramadhan bisa menjadi momen yang tepat bagi para perokok untuk tobat. Kenapa tidak? Hampir selama 13 jam lebih (asumsi mulai berpuasa dari pukul 04:30 hingga 18:00) kita menahan diri dari makan serta minum, dan itu bisa dilakukan. Kenapa tidak dengan berhenti merokok?

Prinsipnya sederhana, untuk menahan makan saja kita mampu. Padahal makan itu lebih penting dan bermanfaat ketimbang merokok. Apakah Anda sepakat? Puasa dapat kita lalui dengan keberhasilan, dikarenakan tekad. Itikad dan niat tulus untuk menyucikan diri. Kembali mendekat kepada Ilahi. Begitu pula dengan merokok.

Namun jika kesulitan untuk merumuskannya, berikut tips dan trik sederhana untuk tobat dari rokok, yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Pertama, Putuskan untuk berhenti merokok.

how to quit smoking3

Nikotin begitu adiktif, dan Anda memerlukan tekad bulat untuk berhenti. Maka, putuskan untuk berhenti merokok. Tanyakan pada diri Anda sendiri, jika menurut Anda hidup tanpa rokok lebih bermanfaat, ketimbang melanjutkan hidup sebagai seorang perokok. Jika jawaban Anda lebih memilih meninggalkan rokok, Anda memiliki alasan yang tepat untuk berhenti.

Kedua, Buat rencana kapan akan berhenti.

how to quit smoking2

Ada sebuah adagium yang populer, “ketika kita gagal untuk merencanakan sesuatu hal, maka sama halnya dengan merencanakan kegagalan.” Sama seperti berbagai momen dalam hidup Anda, dimana setiap halnya selalu direncanakan. Misal seperti menikah. Jauh-jauh hari Anda beserta calon pasangan Anda, sibuk menentukan hari H-nya. Kemudian Anda memulai persiapan pernikahan secara bertahap, hingga akhirnya hari itu benar-benar terlaksana. Maka, berhenti merokok pun harus direncanakan. Hal ini harus dilakukan agar Anda antusias, dan selalu teringat untuk berhenti merokok.

Ketiga, Jalankan rencana Anda.

Jangan sampai Anda jadi ahli wacana, seperti para politikus yang biasanya ahli merencanakan sesuatu hal ketika kampanye untuk mendulang suara. Namun realisasinya nol besar. Jalankan agenda besar Anda untuk berhenti merokok, jalankan dan terus jalankan. Hingga Anda secara tak sadar, telah berpaling dari rokok.

Keempat, Lakukan rencana Anda secara bertahap.

how to quit smoking1

Tidak ada sesuatu hal yang instan dalam hidup ini. Termasuk dalam hal berhenti merokok. Anda tidak mungkin untuk seketika berhenti, tanpa meninggalkannya sedikit demi sedikit. Mungkin Anda tadinya merokok satu bungkus dalam sehari, misal 12 jam Anda beraktivitas dan biasanya satu jam sekali Anda merokok. Bisa dikurangi menjadi 2 jam sekali atau 3 jam sekali. Nah yang luar biasa, momen Ramadhan ini sangatlah tepat untuk berhenti merokok. Karena selama 13 jam lebih, Anda menunda makan dan minum. Itu artinya Anda bisa merealisasikan rencana untuk berhenti merokok dengan sempurna. Berhenti merokok sama sekali. “Kebiasaan buruk hilang, pahala pun datang.”

Kelima, Tinggalkanlah rokok karena Allah.

Ingat sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ

“Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.” (HR. Ahmad 5: 363).

Ya, niatkan untuk berhenti merokok karena Allah. Bukankah tidak ada satupun ustadz, ulama, cendekiawan, atau siapapun yang mengatakan bahwa rokok itu halal bukan? Maka berhentilah merokok. Semoga Ramadhan kali ini, menjadi momen tobatnya para perokok. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

ibadah umrah di bulan ramadhan

Kalkulasi Ghaib di Sekitar Kabah

ketakjuban adalah salah satu anugrah tuhan. Karena hanya dengan ijinNYAlah, ketakjuban membuat seseorang menjadi beriman, bersyukur, dan merasakan segalanya menjadi manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *