tenggorokan serak (foto: bintang toedjoe)

Ramuan Tradisional Ini, Solusi Ampuh untuk Amandel

Pernahkah Anda merasakan sakit amandel? Sebenarnya amandel bukanlah nama sebuah penyakit, melainkan salah satu organ dalam tenggorokan yang berfungsi untuk memfilter bakteri dan kuman yang hendak masuk ke dalam tubuh baik melalui mulut maupun hidung.

Akan tetapi, dikarenakan kuman dan bakteri yang masuk terlalu banyak, amandel menjadi kewalahan untuk memfilternya sehingga mengakibatkan amandel meradang yang pada akhirnya sering disebut dengan penyakit amandel. Gejala yang terjadi biasanya demam, tenggorokan sakit, dan nyeri menelan (odinofagi).

BACA JUGA: Amandel, Atasi dengan Ramuan Ini

Penyakit ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena akan bertambah sakit dan berbahaya bagi orang yang menderitanya. Untuk itu, sebelum radang pada amandel semakin meluas berikut ini ada beberapa tips ramuan tradisional untuk mengobati radang amandel.

1. Jeruk Nipis

Terlebih dahulu, persiapkanlah bahan-bahannya berupa:

1 buah jeruk nipis

kunyit sebesar ibu jari

1 sendok makan madu

setengah gelas air

Setelah itu, potong-potonglah jeruk nipis kemudian peras airnya. Lalu, parutlah kunyit dan peras juga airnya. Campurkan perasan kunyit dan perasan jeruk nipis tadi. Tambahkan satu sendok madu dan setengah gelas air. Aduk hingga tercampur dan minumlah campuran dari semuanya.

BACA JUGA: Gara-gara Sering Jajan Es, Amandel Anak Ini Membesar

2. Tanaman Jarong

Rebuslah 10 – 15 gr tanaman jarong kering atau 30 – 60 gr tanaman jarong segar dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah hasil rebusannya dingin, saringlah airnya. Minum secara sekaligus dan lakukan secara rutin.

3. Kapulaga

Caranya, rebuslah 5 butir buah kapulaga dalam 3 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, makanlah buahnya.

4. Akar Bunga Pukul Empat

Persiapkanlah akar bunga pukul empat yang kering sebanyak 10 – 15 gr atau akar bunga pukul empat segar sebanyak 15 – 30 gr. Lalu, rebuslah dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. Sesudah dingin, minumlah airnya dua kali sehari setiap pagi dan sore 150 cc setiap kali diminum.

BACA JUGA: Ini 7 Gejala Penyakit Difteri yang Harus Diwaspadai

5. Produk Lebah

Produk lebah seperti madu dan propolis bisa dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai campuran ramuan untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk amandel.

Maha suci Allah yang telah menciptakan penyakit dengan berbagai macam obatnya. Maka dari itu, janganlah bersedih atas penyakit yang di derita, karena pasti ada cara untuk mengobatinya. []

 

SUMBER: MANFAATNYASEHAT


Artikel Terkait :

About Mila Munawwaroh

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *