Unik, Informatif , Inspiratif

Ratusan Paus Mati Terdampar di Selandia Baru

0 26

Pada Senin (26/11/18), Departemen Konservasi Lingkungan Selandia Baru mengungkapkan, sekitar 145 ekor paus ditemukan terdampar di sebuah pulau kecil di negara tersebut.

Paus-paus berjenis pilot ini ditemukan oleh seorang pejalan kaki pada Sabtu lalu di Pulau Stewart, sekitar 30 km sebelah tenggara Pulau South.

Separuh dari keseluruhan paus itu telah benar-benar mati ketika ditemukan. Upaya untuk mengembalikan paus-paus yang masih bernyawa ke habitatnya dinilai tidak memungkinkan. Hal ini karena lokasinya yang sangat terpencil dan menyulitkan alat berat untuk masuk.

BACA JUGA: Benda Ini Ditemukan di Dalam Perut Paus yang Mati Membusuk di Perairan Wakatobi

Keputusan untuk melakukan suntik mati atau tindakan eutanasia akhirnya dinilai sebagai pilihan paling manusiawi.

“Lokasi yang terpencil, kurangnya personel terdekat, dan kondisi paus yang buruk menjadikan eutanasia adalah hal paling manusiawi yang harus dilakukan. Tapi ini adalah keputusan yang menyakitkan,” kata Ren Leppens, manajer operasi Departemen Konservasi Lingkungan Pulau Stewart.

Kasus paus terdampar ini merupakan peristiwa keempat yang terjadi di Selandia Baru selama akhir pekan. Menurut data pemerintah, rata-rata ada 85 insiden serupa setiap tahunnya di pantai negara itu.

BACA JUGA: Isi Perut Paus Mati Botol, Jaring, Tali Rafia, dan Tutup Galon, Sampah Plastik di Lautan Jadi Masalah Serius

Seperti yang terjadi pada minggu lalu. Sepuluh ekor paus pembunuh terdampar di pantai 90 mile. Dua dari kesepuluh paus itu telah mati, 8 sisanya direncanakan akan dikembalikan ke laut Selasa pekan ini.

Penyebab banyaknya hewan raksasa ini terdampar masih misterius. Berbagai dugaanpun muncul mengenai kasus ini. Seperti karena sakit, sistem navigasi tubuh paus rusak, terbawa ombak besar, atau dikejar pemangsa.

Namun hingga saat ini semua dugaan ini masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah. []

 

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline