Unik, Informatif , Inspiratif

Rawat Gigi Selama Hamil dengan 9 Tips Ini (1)

0 12

Kondisi hamil adalah kondisi yang biasanya membuat wanita lebih rentan terkena penyakit. Salah satunya adalah penyakit yang menyerang gigi dan mulut.

Berdasarkan penelitian, ternyata 90 persen wanita mengalami masalah gigi saat hamil. Hal itu adalah akibat dari meningkatnya kadar hormon dan sirkulasi darah saat hamil yang dapat menyebabkan gusi merah, berdarah, atau bengkak.

Oleh karena itu berikut kami berikan 9 tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama mengandung:

BACA JUGA: Tiga Masalah Gigi Ini Sering Terjadi pada Ibu Hamil

1. Waspada Terhadap Perubahan Gusi Anda

Periksa gusi dan gigi Anda secara rutin selama hamil. Saat hamil, Anda memiliki perubahan hormon yang dapat berisiko terkena gingivitis pada kehamilan. Gingivitas adalah suatu kelainan yang terjadi akibat peradangan pada gusi. Gingivitis adalah suatu bentuk dari penyakit periodontal. Selain itu, Anda juga harus rutin memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada gusi Anda, apakah membengkak atau mengalami pendarahan.

2. Gunakan Benang, Sikat, dan Gigi yang Benar

Kurangnya kebersihan gigi dan mulut dapat menyebabkan periodontitis atau onset gigi. Periodontitis merupakan infeksi atau peradangan gusi serius yang melibatkan penghancuran jaringan lunak dan tulang pendukung gigi. Periodontitis dapat menyebabkan kegoyahan gigi atau bahkan kehilangan gigi.
Namun, hal itu dapat dicegah dengan menjaga mulut dan gigi Anda sebersih mungkin. Dokter gigi menyarankan Anda untuk menggunakan benang dan sikat gigi yang lembut agar gigi dan gusi Anda tetap sehat. Jangan lupa, pilihlah pasta gigi sentitif untuk gigi Anda.

3. Konsumsi Makanan yang Sehat

Tahukah, Anda? Gigi bayi Anda mulai berkembang sejak usia kandungan tiga bulan hingga nanti Anda melahirkan. Oleh karena itu dokter menyaranakan ibu hamil mengonsumsi makanan sehat yang mengandung susu, keju. Makanan tersebut menjadi sumber mineral penting yang baik untuk perkembangan gigi dan gusi bayi.

BACA JUGA: Ini Manfaat Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Selain itu, pastikan Anda juga mengonsumsi banyak vitamin C dan kalsium. Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan tulang pada janis serta dapat menjaga gigi Anda agar tetap kuat.

Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu manis saat hamil. Karena semakin banyak Anda mengonsumi makanan manis, semakin banyak kemungkinan kerusakan gigi yang berdampak pada janin Anda. []

 

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline