Unik, Informatif , Inspiratif

Rawat Gigi Selama Hamil dengan 9 Tips Ini (2)

0 30

Kondisi hamil adalah kondisi yang biasanya membuat wanita lebih rentan terkena penyakit. Salah satunya adalah penyakit yang menyerang gigi dan mulut.

Berdasarkan penelitian, ternyata 90 persen wanita mengalami masalah gigi saat hamil. Hal itu adalah akibat dari meningkatnya kadar hormon dan sirkulasi darah saat hamil yang dapat menyebabkan gusi merah, berdarah, atau bengkak.

Oleh karena itu berikut kami berikan 9 tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama mengandung:

BACA JUGA: Rawat Gigi Selama Hamil dengan 9 Tips Ini (1)

4. Hati-hati Penggunaan Obat Kumur

Wanita hamil pada umumnya mengalami gusi berdarah saat menyikat gigi. Namun, dokter tidak menyarankan Anda menggunakan obat kumur untuk menghentikan darah tersebut. Sebab, mouthwash dapat mempengaruhi warna gigi Anda. Bahkan, bakteri baik dalam mulut tidak berkembang jika digunakan sercara terus-menerus.

Jika memang diperlukan obat kumur untuk menghentikan darah pada gusi Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan demi keselamatan janin.

5. Sikat Gigi Selama 4 Menit

Menyikat gigi secara teratur akan membantu memperbaiki gigi Anda. Dr Sameer Patel menyarankan Anda agar menyikat gigi selama 4 menit pada pagi dan sore hari.

Hal itu dipercaya dapat membantu mengurangi penumpukan plak terkecil pada gigi. Plak kecil pada gigi merupakan awal mulanya timbulnya penyakit pada gusi Anda.

BACA JUGA: Kapan Waktu Terbaik Mengganti Sikat Gigi?

6. Minimalisir Penggunaan Antibiotik

Selama hamil, mungkin Anda diresepkan oleh dokter sebuah antibiotik. Penggunaaan antibiotik memang diperbolehkan oleh dokter, tapi ingat Anda harus selektif memilih antibiotik yang akan dikonsumsi karena hal ini dapat berpengaruh pada pertumbuhan gigi janin Anda.

7. Hindari Perawatan Gigi Selama Trimester Pertama

Hindari melakukan perawatan gigi yang dapat mempengaruhi pertumbuhan atau perkembangan bayi selama trimester pertama, pertengahan trimester kedua dan ketiga. Hal ini sebagai upaya pencegahan dan mengurangi risiko selama masa-masa kritis janin dalam kandungan.

8. Hindari X-Ray Pada Gigi Selama Hamil

Saat hamil Anda tidak disarankan menggunakan sinar-X pada gigi. Namun, jika memang terpaksa menggunakannya, diskusikanlah hal ini terlebih dulu dengan dokter kandungan Anda.

BACA JUGA: Tidak Rajin Ganti Sikat Gigi, Begini Bahayanya

9. Hindari Penggunaan Pemutih Pada Gigi

Pemutih gigi yang mengandung peroksida mungkin dapat membahayakan janin Anda. Oleh karenanya lebih baik dihindari. Memang belum Anda hasil penelitian yang menunjukkan bahwa memutihkan gigi saat hamil dapat membahyakan janin. Tapi, dokter menyarankan hal itu tidak dilakukan. []

 

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline