corona, Rempah-rempah Ini Dipercaya Mampu Tangkal Virus Corona, Apa Saja?
Unik, Informatif , Inspiratif

Rempah-rempah Ini Dipercaya Mampu Tangkal Virus Corona, Apa Saja?

0

MASUKNYA virus Corona ke Indonesia membuat masyarakat khawatir dan panik. Usai Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Indonesia positif terkena virus corona, sontak warga Indonesia langsung ramai memperbincangkan pernyataan tersebut. Bahkan banyak warga yang panik dengan ramai-ramai memborong barang kebutuhan di supermarket.

Namun masyarakat diimbau tak perlu khawatir berlebihan dengan adanya kasus ini. Guru Besar Biologi Molekuler Unair Chaerul Anwar Nidom berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi rempah-rempah asli Indonesia yang bisa menangkal virus corona masuk ke dalam tubuh.

Berdasarkan hasil dari riset yang dilakukan Prof. C.A. Nidom ditemukan bahwa sari rempah-rempah atau curcuma asli Indonesia dipercaya dapat menangkal virus Corona. Apa saja?

Kunyit

Kunyit atau Curcuma longa memiliki senyawa aktif utama kurkumin yang memiliki aktivitas antiinflamsi, analgetik, dan imunomodulator. Selain itu kunyit juga mengandung zat aktif yang khas, yaitu curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C, dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh.

Temulawak

Prof Nidom meyakini jika virus Corona masih satu kingdom dengan influenza yang bisa ditangkal dengan kandungan kurkumin. Rempah lainnya yang juga mengandung kurkumin ialah temulawak.

Masyarakat Indonesia tentunya juga sudah tak asing dengan rempah satu ini. Temulawak mengandung kurkumin 1,60 % – 2,20 %. Selain kurkumin, temulawak juga mengandung nutrisi lain seperti serat, vitamin, karbohidrat, kalsium dan banyak lagi.

Temulawak juga dapat meningkatkan nafsu makan, antioksidan, atasi mual hingga membantu proses metabolisme tubuh. Hal tersebutlah yang membuat Guru Besar Biologi Molekuler Unair Chaerul Anwar Nidom mengatakan jika temulawak dapat membantu menangkal virus Corona.

Jahe

Jahe mengandung senyawa gingerol yang mampu melawan inflamasi dan menetralkan asam lambung. Jika dikonsumsi rutin, jahe bisa meningkatkan imun tubuh dan melawan infeksi.

Pencegahan virus corona bisa menggunakan jahe karena fungsi rempah tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, Anda tidak mudah terserang penyakit apa pun, termasuk virus Covid-19.

Tak hanya tiga rempah yang disebutkan di atas saja. Beberapa herbal ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu mencegah masuknya virus corona. Di antaranya:

Pegagan

Merupakan tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral. Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

Kayu Manis

Kayu manis kaya akan antioksidan, bahkan menjadi salah satu rempah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari beberapa penyakit, misalnya flu.

Bawang putih

Keunggulannya adalah untuk menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormon, meregulasi aliran darah, meningkatkan libido, dan banyak lainnya.

Kalau diperhatikan lebih jauh, bawang putih ini memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan yang mengesankan.

Bawang putih mengandung allcin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi. []

SUMBER: LIPUTAN6 | SUARA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.