Foto: MSN

Resmi, BI Musnahkan Uang Keluaran 1998-1999

Bank Indonesia (BI) resmi menutup penukaran uang keluaran 1998-1999 hari ini. Penukaran uang jadul ini sendiri sudah dibuka BI sejak 2008 atau 10 tahun lalu pasca izin edarnya dicabut.

BI mencatat sejak 2010 hingga 28 Desember 2018, uang yang sudah ditukar mencapai Rp 750 miliar. Jumlah ini bisa bertambah jika penukaran dua hari belakang dan masa penukaran 2008-2009 digabung.

BACA JUGA: Ini Cara Mudah Hasilkan Uang Tambahan bagi Mahasiswa

Lantas ke mana uang jadul yang sudah dikumpulkan BI?

Kepala Divisi Pengelolaan Uang Keluar Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia C. Tratmono Wibowo mengatakan uang yang diterima BI dari warga akan dimusnahkan. Ini dilakukan agar peredarannya benar-benar tidak ada lagi di Indonesia.

“Uang ini akan dimusnahkan, akan diracik,” kata dia saat ditemui di Gedung BI, Jakarta, Ahad (30/12/2018).

Tratmono menjelaskan, ada empat indikasi yang menjadi acuan BI untuk memusnahkan uang yang beredar yaitu uang lusuh, uang yang izin edarnya sudah dicabut, uang yang sudah rusak, dan uang yang salah cetak.

Untuk uang yang sudah dicabut izin edarnya seperti yang terjadi pada uang keluarkan 1998-1999 karena beberapa alasan juga.

BACA JUGA: Begini Cara Hemat Keuangan dalam Masalah Fashion

“Pertama karena tingkat pemalsuannya tinggi. Lalu ada teknologi baru, atau tingkat edarannya sudah lama,” jelasnya.

BI sendiri belum berencana mengeluarkan uang dengan design baru. Terakhir, BI mengeluarkan uang dengan design baru berseri pahlawan pada 2016 lalu sebanyak 11 pecahan yang terdiri dari logam dan kertas. []

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *