Ribuan Karyawan di Depok Unjuk Rasa Karena Dapat THR 8.000 (Ilustrasi)

Ribuan Karyawan di Salah Satu Perusahaan di Depok Mendapat THR Sebesar Rp 8.000

INSPIRADATA. Sejumlah karyawan PT Indomatra Busana Jaya di Jalan Haji Dimun, Kecamatan Cilodong, Depok, berunjuk rasa karena mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak layak dari pihak perusahaan, mulai dari Rp 8.000. Unjuk rasa yang digelar pada Selasa (20/6) kemarin menuntut pihak perusahaan untuk menunaikan kewajibannya terhadap ribuan karyawan kontrak.

Salah seorang pekerja bernama Susina (35), menyayangkan sikap perusahaan yang memberi THR jauh di bawah standar. Susina hanya mendapatkan THR sebesar Rp 100 ribu. Padahal dirinya telah bekerja selama 10 tahun di perusahaan itu.

“Bahkan, teman saya banyak yang cuma Rp 8.000 dan Rp 17 ribu. Padahal, tahun kemarin dibayar satu bulan gaji.” ucapnya, seperti dilansir Tempo, Selasa (20/6/2017).

Selama sepuluh tahun bekerja, Susina belum juuga menjadi karyawan tetap di perusahaan itu. Karena, PT Indomatra memiliki kebijakan setiap enam bulan, pekerja harus menandatangani kontrak ulang.

Susina mendapatkan gaji Rp 2,8 juta per bulannya. Ia mengatakan ada ribuan pekerja yang nasibnya sama dengannya. “Pekerja yang kontrak lebih dari seribu orang. Semuanya tidak mendapatkan THR yang sesuai,” ujarnya.

Perusahaan, lanjut dia, berbuat tidak adil terhadap ribuan pekerja kontrak. Padahal karyawan tetap diberikan THR sebesar satu bulan gaji. “Katanya besok mau ditambahi. Sebab, tadi semua karyawan demo,” ujarnya.

Seorang karyawan yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan pihak perusahaan tidak adil terhadap pekerja kontrak. Padahal, dirinya telah bekerja di perusahaan tersebut sejak 2005. “Saya dapat THR Rp 1 juta. Padahal biasanya satu bulan gaji saya sebesar Rp 3,2 juta,” ucapnya.

Mulyadi, seorang pekerja tetap di perusahaan itu mengatakan, pemberian THR kepada pekerja kontrak memang kerap tidak sesuai. “Perusahaan saya dengar akan memperbaiki pembayaran THR. Kalau saya dapat full. Sebab, karyawan tetap,” ujarnya.

Sementara itu, pihak Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Depok Diah Sadiah mengatakan akan menyelidiki kasus ini. “Besok kami datang, dan akan dilakukan pembinaan,” ucapnya. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *