Unik, Informatif , Inspiratif

Ribuan Makhluk Hidup Ternyata Tinggal di Kotoran Manusia

0 14

Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran pencernaan, selain menjadi sumber energi, juga akan menghasilkan ampas yang keluar dalam bentuk kotoran.

BACA JUGA: 3 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Susah Buang Air Besar

Tahukah Anda, bahwa kotoran manusia terdiri dari 75 persen air. Akan tetapi, jumlah ini bisa berbeda tergantung dari apa yang masuk ke perut. Sebagai contoh, vegetarian memiliki kandungan air lebih banyak dalam kotoran mereka. Bagi orang yang kurang serat, kotorannya akan menjadi lebih ‘keras’ karena kandungan airnya pun lebih sedikit.

Sementara itu, sisa 25 persen kandungan dari kotoran adalah zat padat. Dalam zat padat ini, hiduplah berbagai makhluk hidup berupa mikroba seperti bakteri dan virus.

BACA JUGA: Limbah Toilet Pesawat Dibuang Kemana?

Walau tak nampak, ribuan bahkan mungkin miliran makhluk hidup tinggal pada kotoran manusia. Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa 50% bakteri yang ada pada kotoran manusia adalah bakteri hidup.

Bakteri-bakteri ini akan memengaruhi tekstur kotoran yang dikeluarkan. Bakteri bernama Ruminococcaceae akan banyak ditemuka pada kotoran yang keras.

BACA JUGA: Gara-Gara Susah BAB, Keluarga Ini Punya Ide Brilian yang Hasilkan Miliaran Rupiah

Sedangkan bakteri lain dengan nama Prevotella akan banyak ditemukan pada kotoran yang lembek. Bakteri ini juga biasa ditemukan di mulut, vagina, dan perut, dan memiliki kaitan dengan makanan tinggi serat. []

 

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline